UniqMag

Pertanian Kaltim Bertambah Luas, Varietas Unggul Terus Dikembangkan

berita terkini
Muhammad Amien, Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim Saat Memanen Padi

 

SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) – Guna mendukung program pemerintah khususa Kementerian Pertanian (Kementan) untuk suasembada pangan 2018  Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim terus gencar kembangkan varietas unggul.

Varietas unggul yang dikembangkan oleh BPTP Balitbangtan Kaltim untuk para petani tersebut diharapkan mampu mendongkrak hasil panen yang ada. Serta didukung oleh sistem menanam Jajar Legowo 2:1 setiap melakukan pertanian.

“Ada banyak Varietas unggul yang terus kami kembangkan untuk pertanian di wilayah Kaltim. seperti Impari 23, Impari 33, Impari 30 hingga varietas Mikongga,” terang Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim Muhammad Amin.

Ia menambahkan, selama ini petani yang ada setiap satu hectare dapat menghasilkan 5 samai 5,5 ton. Kedepandengan varietas tersebut diharapkan mampu menghasilkan mencapai 7 ton lebih per hektarnya.

“Ini merupakan upaya kami untuk terus menerus memberikan inovasi teknologi pertanian dengan demikian diharapkan kedepannya Kaltim bisa mandiri pangan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Puslitbanghorti Hardiyanto mengatakan, melihat lahan dan kondisi pertanian di Kaltim sangat bagus. Sehingga, dibutuhkan dukungan pemerintah daerah (Pemda) serta teknologi yang mumpuni dengan demikian pasokan beras untuk masyarakat bisa terpenuhi. Ia juga mengakui selama ini beras di Kaltim masih sering mendatangkan dari luar dikarenakan minimyan koordinasi serta sinergitas pemerintah, petani maupun pihak swasta.

“Kami meminta BPTP Balitbangtan Pertanian untuk aktif menyosialisasikan serta mendampingi petani melalui teknologi mondern dengan demikian penghasilan petani lebih meningkat,” pintanya.

 

 

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Kaltim Panen Raya, Swasembada Beras Berkelanjutan
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda