UniqMag

Petani Penajam Paser Utara gelar Panen Bersama BPTP Kaltim

berita terkini
Panen Bersama Petani Desa Sidorejo Dengan BPTP Kaltim

SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) – Gerakan panen bersama yang dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim terus digalakkan guna mendukung program ketahanan pangan nasional. Terahir BPTP gelar panen bersama dengan para petani di Desa Sidorejo Kecamatan Penajam Kabupaten Panajam Pasir Utara (PPU), Rabu, (20/12/2017) kemarin.

Panen dengan luas 2 hektare tersebut menggunangan varietas unggul yang juga terus dikembangkan oleh pihak BPTB Kaltim sendiri. Varietas padi yang ditanam oleh petani di desa tersebut menggunakan  Silugonggo dengan produktivitas penghasilan 3,5 Ton per hrektarnya.

“Kita kali ini panen 2 hektar dari total lahan yang akan dipanen 100 hektar di Desa Sidorejo, PPU,” terang Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim Muhammad Amin.

Padi Silungonggo menurut Amin merupakan varietas genjah yang memiliki umur tanaman 85 hingga 90 hari. Varietas ini telah dilepas dan dikembangkan oleh BPTP Kaltim sejak 2001 silam. Selain itu, varietas Silungonggo memiliki ketahaan terhadap penyakit  cukup tinggi.

“Varietas ini memiliki potensi hasil hingga 4,5 ton lebih setiap hektarnya. Dan memiliki karakteristik sebagai padi yang mampu dikembangkan sebagai padi sawah atau gogo serta beradaptasi baik untuk lingkungan tumbuh rawan kekeringan,” paparnya.

Tahun 2017 ini  BPTP Balitbangtan Kaltim telah merilis Varietas Unggul Baru (VUB) Inpago 12 Agritan yang mempunyai potensi menghasilkan 10,2 ton perhektarnya. Varietas  ini ditengarai toleran terhadap kekeringan serta dapat beradaptasi dengan baik di lahan kering subur maupun lahan kering masam yang berada di dataran rendah sampai 700 m dpl.

Kaltim sendiri menurut Amin sapaan akrapnya memiliki potensi yang cukup tinggi untuk peningkatan provitas padi sawah dan tanah hujan. Khusus untuk wilayah Penajam dan Babulu akan terus dikembangkan penggunan bibit dari varietas baru terseut

(Muhammad)

 

 

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Banjir di Makassar, 1.647 Warga Mengungsi
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda