UniqMag

Tingkatkan Produksi Pangan, BPTP Kaltim Rakor Upsus Pajale di Kabupaten Paser

berita terkini
Para Peserta Rakor Upsus Pajale Saat Foto Bersama

 

SAMARINDA. (Suaraindonesia.co.id) - Swasembada menjadi target pemerintah dalam program ketahanan pangan nasional 2018.  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) balitbangtan Kaltim terus bersinergi dengan lintas instansi, penuh semangat menyingsingkan lengan menyatukan misi, bekerja dan bekerja menyongsong untuk menyukseskan program.

Guna mencapai target tersebut, BPTP Balitbangtan Kaltim gelar Rakor di pendopo Bupati Kabupaten Paser, Kaltim bersama pihak terkait seperti PJ Upsus Pusat,  Dinas Pertanian, BPS, KCD, BPP, Babinsa dan Penyuluh pertanian, Kamis, (21/12/20017).

Hardiyanto,  Penanggung Jawab Upsus dari pusat dalam arahannya menegaskan bahwa capaian target yang sudah ditetapkan pada musim tanam Oktober maret  harus dipenuhi hingga akhir Desember ini, kecuali ada kendala teknis yang tidak bisa dihindari seperti faktor iklim (banjir, kekeringan). Akan tetapi hal tersebut tentunya harus dibuktikan dengan dokumentasi melalui open camera.

“Untuk menyukseskan program upsus ini terus ditekankan kepada seluruh wilayah Kecamatan yang menjadi sentra padi baik padi sawah maupun padi gogo,” ujarnya

Sementara itu, Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim, Muhammad Amin menjelaskan, pihak BPTP Balitbangtan Kaltim guna menyukseskan program swasembada pangan nasional terus mengenjot Luas Tambah Tanam (LTT) yang didukung dengan inovasi teknologi. Kegiatan percepatan LTT tersebut  dilakukan di seluruh wilayah Kalimantan Timur termasuk juga wilayah Kaltara.

Hingga saat ini khususnya di wilayah Paser LTT padi baru mencapai seluas 1.062 hektare dari target 3.703 hektare (28,67%). Sehingga  masih ada selisih 2.011 hektare yang harus dikejar sampai akhir tahun. “Hingga saat ini kegiatan percepatan LTT masih terus berlanjut dan kami terus bekerjasama dengan pihak terkait seperti TNI dan dinas pertanian Kabupaten/ kota yang ada di wilayah Kaltim dan Kaltara agar Target LTT dapat tercapai.

 

Reporter : Muhammad
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Di Pamekasan, Nikah Massal Diikuti 215 Pasangan
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda