UniqMag

Panen Perdana Menggunakan Combineharvester di Sebulu Kukar

berita terkini
Terlihat Mesin Combineharvester Saat Memanen Padi

 

SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) - Raut bahagia terpancar oleh para petani yang ada di Sebulu Modern, Kecamatan sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar) karena panenan padi tahun inilebih tinggi dibanding tahun lalu. Jika dibandingkan dengan pane di tahun lalu ada peningkatan jumlah panen satu ton lebih.

Jika di tahun sebelumnya, para petani di desa tersebut dalam satu hektare hanya bias mendapatkan 6,5 ton, namun pada panen kali ini bisa mendapatkan hasil panen lebih dari 7,5 ton setiap hektarnya. Hal tersebut diketahu saat melakukan panen bersama dengan jajaran muspida dan Tim Upsus Pusat, serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim Jum’at (22/12/2017).

“Kali ini kita akan melakukan panen seluas empat hektar untuk tahap pertama. Dan panen di kelompok tani Subur Rejeki masih terus berlanjut hingga awal tahun 2018,” terang Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim, Muhammad Amin.

Amin sapaan akrapnya, menjelaskan, jika, panen yang dilakukan oleh petani di Desa Sebulu Modern sudah menggunakan mesin combineharvester yang praktis. selain itu, penggunaan mesin tersebut bisa membantu penyelesaian masa panen yang semula dalam satu hektare dipanen selama seminggu lebih, bisa lebih praktis menjadi satu hari selesai.

Para petani didesa tersebut, menurutnya menggunakan varietas yang dikembangkan oleh BPTP Kaltim, yakni varietas Mekongga. Sejak tahun 2005, BPTP Balitbangtan Kaltim telah mengintroduksikan Inpari 6, 10, 13, 30, dan 31 sehingga ada periode tanam oktober hingga Maret tahun ini membuat demplot VUB Inpari 32.  

Kecamatan Sebulu sendiri terdiri dari 14 desa, 2 desa diantaranyatelah dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) 200 menjadi 300 melalui pemanfaatan embung alami walaupun belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Lokasi peningkatan IP 300 ada di 2 desa, 43 ha di sebulu Modern dan 200 ha di desa Manunggal Daya, jelas Daris staf teknis UPT Dinas Pertanian Kecamatan Sebulu.

Dalam kunjungan tersebut, para petani dianjutkan agar petani mengembangkan VUB Inpago 5 dan 8 yang telah beradaptasi baik di Kaltim.

 

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Mengenal Kuliner Khas Bugis Makassar, Palekko Seafood
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda