UniqMag

Bersama Poktan, BPTP Kaltim Gelar Panen Perdana di Kukar

berita terkini
Hamparan Padi Yang Akan di Panen di Desa Loa Lepu

 

SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) - Guna Untuk mendukung program ketahanan pangan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim selain terus membuka lahan baru juga terus melakukan panen dengan berbagai varietas yang telah dikembangkan.

Mengawali tahun 2018 BPTP Kaltim melakukam panen raya bersama Kelompok Tani (Poktan) Subur dan Karya Tani Sejahtera di Desa Loa Lepu, KecamatanTenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar) Rabu, (3/1/2018).

Panen tersebut merupakan hasil penanaman bersama beberapa bulan yang lalu dengan menggunakan varietas unggul jenis Mekongga, Ciherang dan Cibogo. Panen dengan provitas rata-rata mencapai 5 ton perhektar tersebut akan memanen dengan luas tanaman lebih dari 70 hektar.

“Untuk bulan ini juga akan dilakukan panen di Kecamatan Tenggarong Seberang, di  Desa Bukit Raya dan Desa Loa Lepu  dengan luasan 69 hektare,” terang Kepala BPTP Kaltim, Muhammad Amin.

Melihat potensi wilayah yang dapat menghaislkan padi yang luas BPTP Kaltim akan terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan penanaman padi dengan berbagai varietas unggul yang terus dikembangkan.

“Kerjasama tersebut tidak hanya di penanaman, tetapi juga dalam cetak sawah baru,” terangnya.

Dia berharap, dengan terus dikembangkannya luas tambah tanam padi dan didukung dengan  varietas unggul diharapkan Kaltim akan bisa menjasi salah satu kawasan lumbung padi. Sehingga, Kaltim kedepan tidak akan lagi ketergantungan beras terhadap daerah lain.

“Kita harap Kaltim bisa swasembada pangan dan tidak mendatangkan lagi dari daerah lain,” harapnya.

 

   

 

Reporter : Muhammad
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya Kubar Mulai Jaring Atlit Terbaik Melalui Turnamen
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda