UniqMag

Mesin Combine Harvester Bangkitkan Semangat Petani Kukar

berita terkini
Terlihat Mesin Combine Harvester saat memotong padi

SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) - Keberadaan mesin Combine Harvester disambut baik oleh para petani di Desa Semangko, Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kegiatan panen tersebut tetap dilaksanakan meski habis diguyur hujan semalaman.

Panen bersama yang dilakukan oleh para petani desa tersebut bersama para peneliti dan penyuluh dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, serta para penyuluh pertanian lapangan dari dinas pertanian Kukar. Selain meggunakan mesin pemotong padi, panen tersebut memanen varietas Ciherang dengan kapasitas produktivitas mencapai  6 ton dalam satu hektarnya.

Kecamatan Marangkayu merupakan salah satu kecamatan dari 18 kecamatan yang ada di Kukar dengan total luas sawah 1.313 hektare, sementara untuk Desa Semangko haparan sawah seluas 355 hektare yang siap panen pada awal tahun ini.

“Pada musim panen kali ini, petani di Kecamatan Marangkayu, kususnya di Desa Semangko sudah seratus persen menggunakan mesin Combine Harvester dengan tipe DC 60 70, 85 sebanyak 9 buah,” terang Misran selaku kepala UPT-Penyuluhan Pertanian dan Peternakan Marangkayu.

Sementara itu, Lukman ketua Poktan  Hidup Baru 2 Desa Semangko mengakui dengan adanya mesin tersebut para petani dikelompoknya sangat terbantu. Pasalnya, dengan menggunakan mesin tersebut panen dengan luas satu hektare bias dikerjakan dalam dua jam.

“Biasa kami panen dengan manual satu hektar bisa seharian lebih,” terang Lukman  

Sementara itu, pelaksana Upsus  BPTP Kaltim, Tarbiyatul mengatakan tidak hanya pengunaan mesin panen saja. Tetape para petani juga sudah saatnya menggunakan mesin tanam (transplanter) dari cara tanam Atabela (menggunakan paralon).

 “Kedepannya petani dapat membuat persemaian sistem "dapog" sebagai antisipasi kelangkaan tenaga kerja bidang pertanian,” paparnya.

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Ulang Tahun Ke 45 PDIP Lampung Berjalan Sukses
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda