UniqMag

BPTP Kaltim Pane n Padi Gunung Hampir Seribu Hektare

berita terkini
Kepala BBP2TP  Haris syahbudin (baju batik) bersama petani saat panen padi gunung

 SAMARINDA, (Suaraindonesia.co.id) - Balai Besar Pengkajian  dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) beserta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim melakukan panen di kawasan Desa Pimping,Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan Kaltara, Rabu, (24/1/2018).

 

Padi yang dipanen kali ini sangat spesifik karena ditanam di gunung, dan dengan umur panen 5 bulan. Masyarakat setempat menamakan Padi Ketan Kayan  dan cukup berbeda dari ketan pada umuknya. 

" Padi gunung ini memiliki rasa yang cukup berbeda dan harganya pun lebih mahal," terang kepala BPTP Kaltim, Muhanmad Amin.

Ia menjelaskan, selain varietas padi ketan kayan yang dikembangkan juga ada beberapa varietas lainya yang juga ditanam di kawasan tersebut seperti padi agung, padi siam, padi pui, ketan mayas dan ketan kayan. 

"Panen padi gunung kali ini seluas dua hektare dari tota kebih dari seribu hektar lahan yang siap panen. Mengingat umur padi gunung tersebut cukup lama yakni 5 bulan membuat harga beras di masyarakat sangat mahal mencapai 15 ribu, terangnya.

Sementara itu, kepala BBP2TP  Haris syahbudin nengatakan, padi gunung saat ini masih menemukan banyak kendala. Salah satunya hasil hanya mencapai 2 hingga ton stiap satu hektarnya, serta maaih bisa panen sekali dalam setahun sehingga banyak petani berharap adanya teknologi yang dapat meningkatkan panen menjadi 2 kali dalam setahu.

"Umur padi yang panjang bila menggunakan sistem tanam, serta inovasi teknologi yang tepat maka panen bisa dilakukan 2 bahkan 3 kali dalam 1 tahun," paparnya.

 Lebih lanjut disampaikan bahwa saat ini badan litbang memiliki teknologi  Largo Super yang bisa diterapkan di padi ladang. Selain itu, pihaknya akan terus mendampingi, petani dalam menerapkan teknologi yang spesifik sesuai lokasi tersebut.

Reporter : Muhammad Editor : Anam Fanani

Berita Sebelumnya Terkesan Dibiarkan, Taman Arek Lancor Pamekasan Gelap
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda