UniqMag

Desa Babussalam, Rokan Hulu Komit Kembangkan Usaha Batako 

berita terkini
BUMDes Babussalam Sejahtera,  Kabupaten Rokan Hulu, Riau

 ROKAN HULU, (Suaraindonesia.co.id)  - Desa Babussalam, Rambah, Rokan Hulu, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) komit kembangkan usaha pembuatan batako untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta kurangi pengangguran.

 

Melalui pembinaan pembuatan batako, BUMDes Babussalam Sejahtera, kini usaha tersebut sudah mulai berjalan. Bahkan sudah tiga pemuda pengangguran yang direkrutnya dengan upah per harinya bisa mencapai Rp120 ribu  per orang. 

"Dengan usaha batako tersebut BumDes tidak semata-mata mengejar keuntungan, tapi lebih mengutamakan membuka lapangan kerja bagi masyarakat," ungkap Kades Babussalam, Basron, didampingi Direktur BUMDes Babussalam sejahtera, Senin (5/2/2018).

Basron  mengakui, pihaknya, akan menambah alat pencapur bahan baku batako termasuk alat cetak. Sehingga kedepan akan diupayakan agar sebagian bangunan pemerintah kabupaten juga menggunakan Batako.

“Untuk pemasaran saat ini sudah mulai membaik, dan sudah 5000 batako yang dipesan. Kini ada pesanan lagi untuk 20 ribu batako, namun kita lihat dulu kemampuan tenaga kerja, berapa kesanggupan mereka setiap harinya cetak batako. Untuk harga per satu batako Rp1.500 bila dijemput sendiri ke lokasi pembuatan, dan bila diantar Rp 2000 per satunya,” sebut Basron. 

Basron sendiri mengaku, dengan keberadaan usaha batako yang dikelola BUMDes Babussalam Sejahtera usaha batako yang ada di desa tidak akan mati. Karena kedepannya pihaknya akan mengandeng pengusaha batako lain di desa, namun nantinya akan disamakan ukuran dan cetakan batako. Sehingga, bila ada yang order dengan jumlah besar, maka usaha batako masyarakat bisa dipasarkan bersama batako yang dikelola BUMDes. (Rahmad)

 

Reporter : Muhammad
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Bupati Bondowoso Ingatkan Resiko Menikah di Usia Muda
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda