UniqMag

OJK Jember Sosialisasi Perlindungan Konsumen kepada Advokat

berita terkini
Suasana sosialisasi yang diadakan OJK Jember

JEMBER , (Suarsindonesia.co.id) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) cabang Jember menggelar sosialisasi perlindungan konsumen sektor jasa keuangan dan fidusia kepada pengacara yang tergabung dalam Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Jumat siang (9/2/2018). 

 

Acara yang digelar  di salah satu hotel di Jember tersebut  OJK memberikan pembekalan kepada  100 orang pengacara yang berhubungan dengan lembaga keuangan  serta konsumennya.

Menurut Kepala OJK Jember,  Mulyadi, selama ini masih belum ada keseragaman pemahaman antara pihak pengacara saat menangani permasalahan yang berhubungan dengan jasa keuangan non bank dalam hal ini terkait fidusia.

”Kami lihat belum ada keseragaman dalam hal tindak lanjut dari pengacara. Dengan sosialisasi ini agar lebih jelas dan terarah,” jelasnya.

Mulyadi menjelaskan selama tahun 2017 pihaknya menerima 101 laporan pengaduan masyarakat. 80 % pengaduan terkait perbankan, 15 % terkait di lembaga keuangan non bank termasuk leasing, dan 5% pengaduan pasar modal. Dari 15 % pengaduan lembaga keuangan non bank ini terbanyak dari leasing atau fidusia.

Mulyadi juga menjelaskan posisi OJK dalam penyelesaian permasalahan fidusia bahwa OJK akan membantu penyelesain kasus sebelum ke ranah pengadilan. (Vino)

Reporter : Muhammad
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya PNS Kubar Terlibat Narkoba, Bupati Siap Beri Sanksi Berat 
Berita Selanjutnya Polres Jember Periksa Nahkoda dan ABK Kapal Joko Berek

Komentar Anda