UniqMag

Liburan di Taman Gita Persada Bandar Lampung, Bisa Sekalian Belajar Aneka Kupu-kupu

berita terkini
Lokasi dan tempat Penangkaran Kupu-kupu

 BANDAR LAMPUNG, (suaraindonesia.co.id) - Tempat yang paling tepat untuk menjawab para pencinta kupu-kupu adalah Taman Kupu-Kupu Gita Persada yang terletak di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

 

Di taman dengan luas empat hektar ini, ada puluhan jenis kupu-kupu, baik yang hidup bebas di area taman, ataupun yang berada di dalam area penangkaran, dapat dijumpai oleh pengunjung yang datang ke taman ini.

Selain kupu-kupu yang masih hidup dan beraktivitas dengan lincah di habitat alaminya, pengunjung juga dapat mengenal lebih dekat terkait dengan kupu-kupu. Mulai dari nama hingga jenisnya di museum kupu-kupu yang terletak tidak jauh di sisi kiri pintu masuk taman.

Museum yang dimaksud adalah sebuah rumah panggung khas tempo dulu, berukuran besar dengan dinding dan lantai kayu berwarna hitam kecoklatan alami, yang menjadi tempat dari ratusan kupu-kupu yang sudah diawetkan.

Tidak kurang dari 140 kupu-kupu terjaga cantik di museum ini. Mulai dari kupu-kupu Sumatra, dengan corak yang beragam, hingga kupu-kupu Attacus Atlas berukuran besar.

Keseluruhan kupu-kupu yang ada di museum ini merupakan koleksi kupu-kupu yang mulai dikumpulkan oleh pengelola taman sejak tahun 1997, 19 tahun yang lalu tepatnya.

“Ini yang sudah diawetkan, ada sekitar 140an kupu-kupu yang dikumpulkan sejak tahun 1997. Biasanya, dari kupu-kupu itu masih jadi ulat, kita sudah persiapkan, jadi lebih mudah untuk mengawetkannya,” terang pengelola Taman Kupu-Kupu Gita Persada, Anto. (24/02/2018). 

Untuk memasuki Taman Kupu-Kupu Gita Persada, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp 10 ribu saja.

"Pengunjung akan mendapatkan aneka suvenir mulai dari bros, gantungan kunci hingga tas bernuansa kupu-kupu dengan harga beragam mulai dari Rp 10 ribu," paparnya.

Reporter : M. Ibnu Najib
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Wilayah Kota Kerap Tergenang, Pemkab Diminta Benahi Drainase
Berita Selanjutnya Jalan berlobang di OKI Mengancam Keselamatan Pengguna Jalan

Komentar Anda