UniqMag

Kodim Bantul Siap Serap Hasil Panen Petani

berita terkini
Ilham tengah mengecek beras terkait tingkat kadar air

BANTUL, (suaraindonesia.co.id) -  Guna turut menjaga kesimbangan dan stabilitas harga kebutuhan pokok dalam hal ini beras, Komando Distrik Militer (Kodim) 0279/Bantul melakukan gerakan Sergap (serap gabah) hasil panen petani. Dimana hasil penyerapan atau pembelian gabah ini akan diteruskam atau dijual ke Badan Urusan Logistik (Bulog).

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0279/Bantul, Mayor Inf Suwarno menjelaskan dengan adanya gerakan Sergap akan membantu pemerintah dalam menjaga stabiltas harga serta stok beras. Di sisi lain petani juga tidak kerepotan menjual hasil panennya karena semua hasil panen akan dibeli Kodim.

"Petani atau kelompok tani yang menjual hasil panennya tidak pusing lagi ke mana harus menjual nya,’ tutur Mayor Suwarno saat melakukan Safari Sergap di Kelompok Tani Gemah Ripah Code Trirenggo Bantul (2/3/2018).

Dengan gerakan Sergap menurutnya juga akan membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan. Lebih jauh dijelaskan, gerakan sergap ini merupakan program pendampingan TNI kepada petani. Dan dalam menjalankan program ini TNI bekerjasama dengan Bulog dan BRI, sehingga petani terhindar dari tengkulak.

"Untuk periode ini kami baru membeli gabah sebanyak 5 ton dengan harga Rp 4.440 per kg. Ke depan kami akan menyerap gabah dari 75 kelompok tani di seluruh Bantul," imbuhnya.

Sedangkan Kepala Unit Pengolahan Gabah (UPB) Bantul, Ilham Panji mengatakan pihaknya siap menampung hasil panen petani dengan harga sesuai update terbaru dari Kementriam BUMN. Dimana untuk saat ini harga gabah basah sebesar Rp 4.440/kg dan harga gabah kering yakni Rp 5.830/kg.

“Gabah kering memiliki kadar air sebesar 25 persen dan kotoran 10 persen. Sedangkan untuk gabah kering giling kadar airnya maksimal 14 persen dan tingkat kotornya 4 persen," sebut Ilham.

Ia menjelaskan, jika pihaknya dalam seminggu ke depan bisa menampung beras sebanyak 300 ton perminggu.

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Satu Warga Kutim Tewas Diterkam Buaya Tiga Meter
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda