UniqMag

Hadiri Tawur Kesanga di Prambanan, Menag Ingatkan Esensi Nyepi

berita terkini
Menteri Agama RI saat berada di komplek Candi Prambanan

SLEMAN, (suaraindonesia.co.id) - Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saefudin mengingatkan kepada umat Hindu akan esensi Hari Raya Nyepi. Karena Nyepi memiliki makna yang lebih mendalam sebagai refleksi diri dalam mulat saliro atau perenungan diri.

"Perayaan Hari Raya Nyepi dalam rangka menyambut tahun baru Saka ini umat Hindu harus bisa mendalami makna  yang terkandung dalam perayaan Nyepi. Bagaimana umat Hindu melakukan renungan diri dalam rangkaian intropeksi" kata Lukman H Saefudin dalam sambutannya pada acara Tawur Kesanga Hari Raya Nyepi 1940 saka di komplek Candi Prambanan, Jumat (16/3).

Lebih jauh Menag mengatakan dirinya lebih suka menyebut Hari Raya Nyepi dengan sebutan Hari Suci Nyepi. Karena kalau hari raya indentik dengan keceriaan atau festival. Sedangkan hari suci lebih pada perenungan akan tindakan sehari-hari, sehingga akan akan lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut Lukman Saefudin juga mendoakan di tahun baru Saka ini umat Hindu memperoleh kebahagiaan, kedamaian serta kebahagiaan lahir dan batin.

"Saya juga bersyukur umat Hindu memiliki kepekaan yang tinggi melalui laku mulat saliro atas kondisi bangsa saat ini. Oleh sebab itu saya juga mengajak untuk sama-sama meningkatkan soliditas dengan menjaga toleransi dan kerukunan agar tetap tegaknya NKRI" tandasnya.

Dengan hal tersebut, katanya, akan dapat membentengi dari tindakan intoleransi yang dapat memecah belah persatuan dan harmonisaai bangsa. Sehingga kita juga dapat menangkal isu-isu bohong atau hoax, anarkis dan ujaran kebencian.

Diingatkannya bangsa Indonesia yang memiliki kultur dan keanekaragaman ini umat Hindu juga harus turut menjaga, merawat dan menginternalisasikan dalam kehidupan dalam kehidupan yang terukir dalam benang emas Bhineka Tunggal Ika.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam perayaan hari suci Nyepi ini hendaknya dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam menata perbuatan, perkataan dan juga pikiran" pintanya.

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Gempa Berkekuatan 3,4 SR Kejutkan Warga Pamekasan
Berita Selanjutnya Cabub dan Cawabu OKI Adu Gagasan Dalam Depat Publik Pertama

Komentar Anda