UniqMag

BPTP Kaltim Terus Dorong Swasembada Pangan

berita terkini
Kepala BPTP Kaltim, (kanan) saat panen bersama

SAMARINDA, (suaraindonesia)- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim, terus mendorong petani Kaltim untuk ikut menyukseskan program Upsus Pajale yang digagas oleh pemerintah pusat. 

 

Berbagai upaya pun telah dilakukan seperi memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada para petani. Baik pada masa musim tanam maupun waktu panen, berbagai benih pun juga kerap di berikan kepada para petani. 

Salah satunya mendampingi panen kelompok tani Desa Labangka Barat, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara (PPU) Senin, (20/3). Dalam panen bersama tersebut memanen seluas 200 hektare dengan varietas Ciherang dan Cemelati.

"Luas keseluruhan lahan yang ada di Desa Labangka Barat Kec.Babulu 343 hektare dan yang ditanami seluas 338 hektar," terang Kepala BPTP Kaltim, Muhammad Amin didampingi kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultuta Kaltim, Ibrahim. 

Amin menambahkan, jika dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan benih kepada para petani berupa benih padi Ciherang dan Inpari 30. Diharapkan dengan adanya ketersediaan benih padi para petani tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menanam kembali.

Sementara itu, Kadistan Provinsi Kaltim, Ibrahim,  berharap, para petani memanfaatkan program asuransi pertanian, sehingga kerugian dapat diminimalisir. Selain itu, pemerintah telah membantu alat mesin pertanian, oleh sebab itu diharapkan petani  menjual 10 -20 % dari hasil panen kepada BULOG untuk dijadikan cadangan pangan nasional.

"Manfaatkan lahan pekarangan, sehingga dapat memenuhi minimal kebutuhan keluarga. Kaltim masih kekurangan 100 ribu ton, tetapi bila dimaksimalkan lahan yang ada dan menanam 2-3 kali setahun, niscaya tidak akan kekurangan lagi," terangnya.

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Panwaslu : Bupati dan Wabup Jember Aman dari Sanksi
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda