UniqMag

BI DIY Intruksikan Perbankan Tidak Menolak Penukaran Uang

berita terkini
Deputi Kepala Perwakilan BI DIY Sri Fitriani menjelaskan soal penukaran uang

YOGYAKARTA (suaraindonesia.co.id) Bank Indonesia (BI) Perwakilan D.I Yogyakarta mengintruksikan agar perbankan tidak menolak masyarakat yang akan menukarkan uang. Karena hal telah diatur dalam undang-undang No: 19/16/PADG/2017 tentang klarifikasi atas uang yang diragukan keasliannya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) D.I Yogyakarta Sri Fitriani mengatakan masyarakat memiliki hak untuk menukarkan uangnya jika uang tersebut tidak layak untuk transaksi. Oleh sebab itu lembaga perbankan dilarang menolak masyarakat yang berkeinginan menukarkan uang.

"Namun masyarakat juga harus memahami uang yang boleh ditukarkan ke bank. Uang yang akan ditukarkan harus memenuhi tiga syarat, yakni uang yang cacat, rusak dan uang yang sudah dicabut oleh BI" tutur perumpuan yang akrab disapa Fifin ini di sela-sela Sosialisasi Peraturan Anggota Dewan Gubernur tentang Pengelolaan Uang Daerah kepada Perbankan dan PIPUR DIY di Aula Gedung BI DIY, Selasa (20/3).

Ditambahkannya mengingat kebutuhan masyarakat yang besar, BI berharap perbankan bisa memberi pelayanan maksimal. Bersama BI semua perbankan bisa memberi layanan dari Senin hingga Kamis. Karena bank merupakan chanel ke masyarakat.

Dan untuk perbankan yang memiliki cabang atau perwakilan yang banyak, imbuh Fitin,  dihimbau untuk menentukan atau menunjuk koordinator. Sehingga bank tertentu yang akan menukarkan BI cukup diwakili kantor cabang atau kantor perwakilan.

Fifin juga menjelaskan ke depan selain lembaga perbankan, pihaknya juga akan membuka pelayanan penukaran uang ke PT POS maupun Pengadaian. Sehingga kesan selama ini hanya BI yang bisa melayani penukaran uang akan terhapus. Karena pada dasarnya semua perbankan bahkan lembaga lain juga memberi layanan penukaran uang.

"Bagi masyarakat yang menukarkan uang ke bank manapun berapapun jumlah tidak dibatasi" pungkasanya. (Lanjar Artama)

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Wabup Pamekasan Resmikan Kantor Sekretariat IBI
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda