UniqMag

Pemda DIY Komitmen Tingkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pariwisata

berita terkini
Arya Nugrsha, Kabid Pengembangan Destinasi Dispar DIY saat pemaparan pengembangan wisata 

YOGYAKARTA, (suaraindonesia.co.id) - Pemerintah Daerah  D.I.Yogyakarta bertekad meningkatkan tingkat kesejahteraan melalui sektor kepariwisataan. Oleh karenanya dalam misi pengembangan kepariwisataan Pemda DIY, berharap budaya bisa menjadi lokomotif pariwisata dan pengembangan kepariwisataan yang bisa menumbuhkan ekonomi masysrakat.

 

Hal tersebut disampaikan Kabid Pengembangan Destinasi  Dispar DIY, Arya Nugrahadi pada Dialog Pariwisata di Neo Malioboro Hotel, Senin malam (26/3).

Lebih jauh Arya menambahkan desa-desa yang memiliki potensi kepariwisataan akan didorong melalui pengembangan penguatan dan kemitraan. Dan diharapkan pula potensi kepariwisataan tersebut dikelola oleh masyarakat, di mana mereka dapat menciptakan inovasi dan kreasinya sendiri.

Arya menjelaskan, fokus Dispar DIY ke depan dengan mengemban misi Pemda DIY peningkatan ekonomi atau kesejahteraan di tahun 2022 akan tercapai melalui sektor pariwisata. Oleh karena itu Dispar DIY juga melakukan pembinaan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata.

Dan dengan pengelolaan yang berbasis masyarakat, sambung Arya, mereka dapat mengembangkan potensi desa secara berkelanjutan. Masyarakat juga memiliki kesempatan meningkatkan obyek  spanding yang menarik wisatawan.

"Kami juga menyarankan masyarakat untuk mengembangkan wahana yang ada. Contohnya jika dulu hanya mengandalkan spot selfi bisa ditambahkan dengan beberapa atraksi budaya. Sehingga akan terjadi silang perjumpaan budaya" sarannya.

Dengan ada pengembangan yang ditawarkan ke wisatawan, Arya berkeyakinan akan meningkatkan jumlah kunjungan. Selain itu masyarakat bisa memperoleh pendapatan dari sisi yang lain. Sehingga dampak positif peningkatan ekonomi tersebut akan dirasakan langsung oleh masyarakarat.

Dalam kesempatan tersebut Arya juga menjelaskan di tahun 2018 ini pihaknya  tengah mengembangkan konsep pengembangan destinasi, yakni konsep destinasi wisata digital. Di mana konsep ini mengusung pengembangan konten lokal yang ditemukan dengan demand generasi milineal yang melek teknologi. Karena pengembangan dan promosi saat ini bisa dilakukan dengan medsos. 

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya 2 Kasus Berbeda, Polres Pamekasan Berhasil Amankan 7 Tersangka
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda