UniqMag

Selain Pentas Seni dan Budaya, TBS Kubar Bisa Digunakan Acara Pernikahan Adat

berita terkini
Kepala UPTD TBS Kubar, Melitina

KUTAI BARAT, (suaraindonesia.co.id) - Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD), Taman Budaya Sendawar (TBS), Kutai Barat (Kubar), Melitina berharap agar Lamin atau yang disebut Luq enam etnis suku dayak yang berada di Kubar itu, bisa dilakukan kembali menjadi pusat pengembangan seni dan budaya sehingga bisa terwujud TBS sebagai destinasi wisata unggulun di Kubar.

Berharap para pelaku seni bisa tampil kembali dengan pakaian adat dan penampilan seni budaya yang rutin dilakukan setiap malam minggu seperti dilakukan di tahun sebelummnya, agar menjadi daya tarik wisatawan lokal mapun luar daerah. Karena berdirinya TBS ini sebagai pusat pengembangan seni dan budaya  di Kubar," ungkap Melitina, kepada media ini Senin (2/4/2018).

Selain itu, ia juga mempersilahkan kepada masyarakat bagi yang hendak melaksanakan perkawinan adat maupun resepsi pernikahan secara nasional di TBS. "Kita persilahkan bagi masyarakat yang punya hajat besar dengan menggunakan TBS di segala kegiatan hal yang positif. Selain sebagai bentuk untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisional itu sendiri, juga sebagai kekayaan budaya masyarakat dan aset pariwisata," ungkapnya.

Melitina mengimbau kepada seluruh ketua sanggar seni bisa aktif untuk menghimpun para remaja sebagai pelaku seni tradisional melalui kegiatan positif. “Saya yakin, dengan niat baik kami selaku pengelola, TBS mampu menarik pariwisata baik dalam kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasioanal," pungkasnya.

Reporter : Nur A
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Personil TNI dan Polri Kompak Bersihkan Tumpahan Minyak di Pantai Balikpapan
Berita Selanjutnya Resort Wolrd Sentosa Tawari Pengunjung Melatih Dinosaurus atau Mengatasi Kejahatan Laut

Komentar Anda