UniqMag

Soal Potensi Wisata, Wabup KSB: Kami Tak Kalah dengan Banyuwangi!

berita terkini
Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaiffudin berbicara tentang potensi wisata di KSB

SUMBAWA, (suaraindonesia.co.id) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)  Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyakini keadaan alamnya masih bagus. Banyak destinasi wisata pantai yang indah ada di KSB, dan juga potensi wisatanya tidak kalah dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) KSB, Fud Syaiffudin, di Kantor Bupati KSB, Rabu (04/03/2018).

Fud mengatakan potensi wisata KSB layak dijual karena KSB merupakan  kabupaten dengan banyak pulau, selain pantai yang indah dengan terumbu karangnya, pulau-pulau di bagian Utara terdapat bukit serta rumput Savana yang menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan.
"Dengan daya tarik seperti itu, saat ini sudah dilirik konsorsium dari Swedia untuk membangun bungalow di Pulau Kanawa dan Tiongkok juga sedang membangun bungalow di Pulau Paserang", paparnya.

Fud mengakui masalah transportasi masih menjadi kendala dan perlu sentuhan tangan oleh pemerintah pusat juga perintah provinsi NTB.
Hingga saat ini, lanjut dia, pemerintah KSB terus berupaya mencari investor untuk membangun Bandara Sekokang dan juga mendorong Pelabuhan Lalar agar dapat diajukan menjadi trans tol laut nasional, hal ini dikarenakan Pelauhan Lalar paling dekat dengan Australia.

"Kalau bandara Sekokang beroperasi dan pelabuhan Lalar dikasih peluang, saya kira 10 tahun kedepan KSB sudah maju", ucapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, Lalu Mohhamad Faozal, mendukung langkah pemerintah KSB untuk memfungsikan pelabuhan Lalar guna mempercepat wisatawan datang ketitik destinasi wisata yang ada di KSB melalui transportasi laut.

"Saya lihat fasilitas pelabuhan Lalar ini sudah siap termasuk perhitungan navigasi lautnya, dan tidak mungkin pemerintah KSB menanam investasi yang besar kalau tidak diikuti oleh analisa amdal", kata Faozal.

Faozal menilai dengan difungsikannya Pelabuhan Lalar akan membawa minat wisatawan dari Lombok bahkan Bali untuk datang ke KSB. 

Reporter : AG Dany
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Korban Ritual yang Hilang di Pantai Paseban Jember Belum Ditemukan
Berita Selanjutnya Jalan berlobang di OKI Mengancam Keselamatan Pengguna Jalan

Komentar Anda