UniqMag

Pemkab Pamekasan Sambut Rombongan Yayasan Batik Indonesia di Pasar Tradisional Batik

berita terkini
Rombongan Yayasan Batik Indonesia yang melihat langsung proses membatik halus pengrajin Dusun Podhek di Pasar Tradisional Batik 17 Agustus

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyambut rombongan Yayasan batik Indonesia di Pasar Tradisional Batik Tujuh Belas Agustus, Pamekasan Madura, Jawa Timur, Rabu (05/04).

Kunjungan Yayasan Batik Indonesia tersebut bertujuan untuk melihat perkembangan batik Pamekasan yang menjadi salah satu sentra batik di Indonesia.

Sambutan Wabup Pamekasan Khalil Asy'ari yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang keuangan dan Pembangunan, Budi Irianto menyampaikan selamat datang dan permohonan maaf atas penyambutan Pemkab Pamekasan terhadap rombongan Yayasan Batik Indonesia.

"Atas nama Pemkab Pamekasan mohon maaf karena penyambutan ini tidak di tempatkan di Pendopo Ronggo Sukowati, malah ditempatkan di Pasar Rakyat Tujuh Belas, Agustus," ungkapnya.

Pihaknya mengatakan bahwa Pasar Tujuh Belas Agustus merupakan Pasar Batik Tulis terbesar se Asia.

"Kedatangan para tokoh nasional yang tergabung dalam Yayasan Batik Indonesia ini akan membawa pengaruh besar terhadap pengusaha batik tulis di Pamekasan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya," paparnya.

Sementara itu, ketua Yayasan Batik Indonesia Jultin Ginandjar Kartasasmita mengatakan, kunjungannya ke Pamekasan tesebut dalam rangka merealisasikan program kerja.

"Kunjungan ini tidak lain Untuk mengetahui secara langsung perkembangan batik di tempat ini," katanya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, bahwa proses pembuatan batik yang diakui oleh Yayasan Batik Indonesia adalah batik tulis, batik cap, dan kombinasi batik cap dan tulis.

"Kami bahagia dan bangga di Pamekasan masih melestarikan ketiga proses pembuatan batik," ungkapnya.

Diakhir sambutannya disampaikan, bahwa setelah ini Yayasan Batik Indonesia akan menggelar pameran batik di Kementerian Perindustrian dengan tema batik Madura.

Reporter : Sohebullah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya 47 Pelari Meriahkan Ajang Tambora Challenge 2018
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda