UniqMag

Dinkes Oku Selatan Gelar Kampanye Hidup Sehat

berita terkini
Peserta lomba Senam yang digelar dinkes OKU Selatan

OKU SELATAN SUMSEL (Suaraindonesia.co.id) - Gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat adalah program spesifik yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Kesehatan.Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat sehat serta dengan penuh kesadaran menjalankan pola hidup sehat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Herman Azedi Dalam Laporanya Juma'at (06-04-2018)

Germas hidup sehat merupakan program yang dijalankan sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Jokowi Nomor 1 Tahun 2017. Program ini menjadi sebuah kemutlakan bagi seluruh stakeholder di tanah air.

Inpres bertujuan untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan promotif dan preventif akan pentingnya hidup sehat. Pada akhirnya program ini menghasilkan masyarakat dengan kualitas kesehatan yang terjaga.

Banyak cara yang bisa dilakukan lewat germas hidup sehat. Mulai skala kecil yang dilakukan secara personal, hingga skala luas yang dijalankan secara komunitas

Selain itu Herman Azdi juga menambahkan untu peserta lomba sosialisasi senam sehat Kali ini Melibatakan Seluruh PKM yang ada di Kabupaten OKU Selatan yakni 19 PKM yang berada di kecamatan Sekabupaten OKU Selatan tutupnya. 


Isyana Lonetasari Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan Membuka Secara Langsung Perlombaan Senam Sehat Lansia Tersebut Dalam Sambutanya Mengatakan

"Kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran,kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya"

Isyana Juga menjelaskan Gerakan masyarakat hidup sehat” adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. 

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa ; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.


Untuk mewujudkan “Gerakan masyarakat hidup sehat” tambah Isyana Lonetasari perlu sebuah kampanye dan sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan untuk masyarakat dengan komitmen mewujudkan masyarakat sehat,Akhir Isyana. 

Reporter : Sri Fitriyana
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya Tim Kesehatan Satgas TMMD Kubar, Stanby 24 Jam Selama Satu Bulan
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda