UniqMag

Kojahat, Kopi Racikan Siswa SMKPP Bondowoso yang Bagus untuk Kesehatan

berita terkini
Muhammad Isya Hariyanto, siswa SMK PP N 1 Tegalampel Bondowoso sedang memproduksi kopi jahe untuk kesehatan.

BONDOWOSO, (suaraindonesia.co.id)- Tangan Muhammad terlihat begitu terampil menyiapkan bahan-bahan yang akan dibuat minuman kopi sehat khas racikannya. 

Sepintas terlihat kopi, jahe, kayu manis dan kapulaga. Bahan-bahan itulah yang akan diolah dan diracik komposisinya hingga menghasilkan minuman yang 'greng' .

''Setelah semua siap jahe ini diiris tipis-tipis lalu dijemur sampai jahe tersebut mengering,'' kata siswa kelas X SMKPP N 1 Tegalampel, Bondowoso ini. 

Selain jahe kata Muhammad, ada kopi yang harus segera disangrai dengan dicampur jadi satu dengan bahan-bahan  yang sudah disiapkan dan diaduk hingga merata.

''Setelah merata diamkan sejenak sampai kopi itu dingin, lalu proses penghalusan kopi dengan menggunakan mesin,'' ujarnya.

Dari semua proses yang telah di lakukan, selanjutnya beralih ke proses pengemasan. Dimana pengemasan kopi ini menggunakan plastik ditimbang dengan berat 50 gram.

''Baru setelah dibungkus kopi tersebut diberi label atau stiker dan kopi siap di pasarkan,''ujarnya. 

Muhammad sengaja memberi nama kopi produksinya itu dengan nama menggabungkan nama dan khasiatnya. Kojahat yang merupakan perpaduan antara Kopi, Jahe untuk kesehatan. 

''Kenapa diberi nama kopi jahe sehat karena kopi, jahe kayu manis, kapulaga mempunyai banyak manfaat,'' tegasnya.

Ada banyak banyak manfaat bahan yang digunakan dalam minuman tersebut.

''Kopi mampu mencegah penyakit syaraf, melindungi gigi, mencegah diabetes, melindungi kulit. Sedangkan jahe bisa memperlancar peredarah darah, perut kembung, mengobati migrain, obat mabuk perjalanan ,demam, dan batuk,'' katanya.

Sementara, kayu manis bisa meningkatkan fungsi otak, mengontrol gula darah menurunkan kolestrol. Kapulaga bisa  meredakan sakit otak, kesehatan ginjal, dan kesehatan pencernaan perut.

Reporter : Dedi Budiantoro
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Pemkab Kutim Gelar Peringatan Isra Mi’raj
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda