UniqMag

Petani Bambu Jawa Tengah Belajar Pengelolaan Bambu di Sleman

berita terkini
Peserta bintek foto bersama di Sekolah Pengrajin Bambu Seyegan

SLEMAN, (suaraindonesia.co.id) - Sebanyak 30 petani bambu dari perwakilan tiga kabupaten, yakni Cilacap, Purbalingga dan Banyumas Jawa Tengah menimba ilmu atau ngangsu kawruh pengelolaan bambu di Sekolah Pengrajin Bambu Rosse Bambu Margoagung Seyegan Sleman, Kamis (12/4).

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Kehutanan Jawa Tengah dalam rangkaian Bimbingan dan Teknik Petani Bambu bertujuan memberikan bekal petani bambu di daerahnya masing-masing dengan harapan ke depan petani dapat mengelola bambu sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani bambu.

Ketua Sekolah Bambu Rosse Bambu, Marzuni mengatakan sekolah bambu merupakan media pembelajaran masyarakat, utamanya petani bambu guna memgembangkan pengelolaan bambu agar bambu memiliki nilai ekonomis tinggi.

"Siswa yang  belajar di sini akan kami bekali bagaimana bambu yang dulunya dianggap sebagai hasil hutan bukan kayu yang tidak memberikan keuntungan dan hanya dimanfaatkan kalangan orangtua bisa meningkatkan kesejahteraan. Dengan memanfaatkan dbuat sebagai furnitur atau produk lainnya yang menarik bambu akan memilik nilai jual yang tinggi" katanya.

Menurut Marzuni sejak Sekolah Pengrajin Bambu berdiri tempat ini sudah dijadikan tujuan studi banding dari berbagai daerah, baik dari Jawa maupun luar Jawa. Seperti Sumatera, Toraja maupun Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu salah seorang peserta, Tukijo menyatakan sangat senang. Pria asal Cilacap ini mengatakan dengan belajar pengelolaan bambu di Sekolah Pengrajin Bambu ia bisa belajar banyak. Oleh karenanya bambu yang selama ini di tempatnya belum dimanfaatkan akan dikelolanya agar dapat meningkatkan kesejahteraan.

"Saya akan mengolah dan memanfaatkan bambu yang ada di Cilacap apalagi saya akan  mendapat bantuan 1.000 batang bambu petung"ujarnya.

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Kojahat, Kopi Racikan Siswa SMKPP Bondowoso yang Bagus untuk Kesehatan
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda