UniqMag

Sembelit Pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

berita terkini
Gambar: Ilustrasi

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Sembelit pada anak perlu diwaspadai para orang tua karena sangat mengganggu tumbuh dan  kembangnya si buah hati. 

Apalagi sembelit atau konstipasi yang timbul pada anak sejak lahir. Sembelit atau konstipasi adalah gangguan buang air besar (BAB) karena ketidakmampuan evakuasi tinja secara sempurna. 

Gejala sembelit pada bayi ditandai dengan perut kembung, rewel karena menahan sakit perut, kadang disertai muntah. Frekuensi BAB jarang atau tidak bisa BAB, tinja keras dan lebih besar dan pada perabaan perut teraba massa tinja. 

Pada kondisi ini biasanya anak tidak mau makan dan minum sehingga asupan nutrisi sangat kurang yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Dokter Spesialis Bedah Anak, dr. Supangat, M.Kes. Ph.D. Sp.BA dalam sebuah seminar di Jember mengatakan konstipasi pada anak bisa mengakibat disfungsi organ saluran pemcernaan. ''Dan dalam beberapa kasus memerlukan tindakan pembedahan untuk mengatasi disfungsi organ yang terjadi,'' katanya.

Sembelit yang timbul sejak lahir dengan gejala perut kembung serta pertumbuhan bayi yang mengalami gangguan, maka harus dicurigai sebagai suatu kelainan yang disebut dengan Hirsprung.   

Hirsprung sendiri adalah kelainan sejak lahir akibat dari pembentukan persarafan usus janin belum sempurna. 

Syaraf usus besar pada bagian paling ujung dekat dengan anus tidak terbentuk, sehingga tidak dapat mengeluarkan tinja, sedangkan bagian atasnya akan bekerja lebih keras untuk mendorong, sehingga timbul pelebaran usus. 

Pada kondisi ini anak kesulitan BAB dan perut kembung. Ketika dilakukan pemeriksaan dengan anus dicolok maka tinja akan menyemprot keluar. ''Hirsprung harus segera mendapatkan pertolongan supaya kebutuhan nurisi anak dapat terpenuhi sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik'', kata Ns. Nikmatur Rohmah, S.Kep., M.Kes narasumber lain yang menyampaikan tentang partisipasi orang tua pada saat anak dirawat di rumah sakit.

Reporter : Vino AFM
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Kejuaraan Paralayang Danlanud Malang Cup Diikuti Seratusan Atlet
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda