UniqMag

Produksi Gabah di Jember Naik 20 Persen

berita terkini
Salah seorang petani saat memanen gabah mereka. Tahun ini hasil produksi padi di daerah Jember cenderung mengalami kenaikan

 JEMBER (suaraindonesia.co.id)  - Panenan gabah kering sawah di Jember tahun ini mengalami peningkatan produksi dari pada tahun lalu. Tahun ini jumlah produksi gabah di daerah selatan Jember mencapai rata-rata 11 ton per hektarenya. Jumlah itu naik sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai delapan ton perhektare.

 

Joko Nur Cahyono, Kepala UPT Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura Kecamatan Wuluhan, Ambulu dan Tempurejo, mengatakan meski dalam beberapa waktu lalu ada beberapa lahan sawah yang tergenang air saat hujan lebat namun tidak menjadi kendala bagi para petani.

Sehingga hasil panen gabah kering sawah milik petani di tiga daerah tersebut cenderung mengalami kenaikan. "Tahun ini hasil produksinya meningkat dari pada tahun lalu. Yang dulunya hanya depalan ton perhektarenya, tahun ini sudah mencapai angka 11 ton perhektare," katanya kepada media belum lama ini

Dia menjelaskan, beberapa faktor memang menjadi penentu kenaikan produksi gabah tersebut. Salah satunya adalah faktor cuaca. Petani terbantukan dengan cuaca yang kadang hujan dan kadang panas. Sehingga ketika petani membutuhkan air, hujan mulai datang. Begitu sebaliknya, saat petani membutuhkan panas, cuaca terik juga tersedia.

Sehingga beberapa penyakit tanaman padi seperti wereng dan lain sebagainya sedikit terminimalisir. Dan hasil panen petani berhasil meningkat. "Cuaca jadi faktor pendukung disini. Jika butuh air, hujan datang. Jika butuh panas, hujan tidak ada. Sehingga tanaman menjadi bagus seperti saat ini," tuturnya.

Memang diakuinya, beberapa waktu lalu cuaca di Jember selatan cukup memprihatinkan bagi para petani. Namun, sistem irigasi yang digunakan oleh petani dan beberapa pendampingan lainnya mengakibatkan tanaman padi petani tetap dalam kondisi prima. Hasilnyapun nampak, produksi meningkat drastis dari tahun sebelumnya.

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya Staf Ahli Kantor Presiden Apresiasi Layanan Paspor Ramah HAM di Mataram
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda