UniqMag

Ini Dia, Madu Hutan Situbondo yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

berita terkini
Madu yang diperoleh dari pedalaman hutan di Situbondo yang diyakini bamyak bermanfaat untuk kesehatan

SITUBONDO - (suaraindonesia.co.id) - Zainullah atau yang akrab dipanggil Zain adalah wirausahawan muda dari Situbondo, Pria 23 tahun ini menekuni usaha berjualan madu sejak 2014. Usaha yang dijalankanya dirintis sejak dia berada di bangku kuliah. 

“Awalnya itu usaha nenek saya, namun pada 2014 saya mulai belajar menjual madu, ke pasaranya orang-orang terdekat dulu, dan alhamdulillah itu bisa bantu-bantu saya selama kuliah,'' katanya. Baru pada 2017 kemarin dia  mulai fokus menjualnya melalui online, untuk pelangganya sendiri ada dari Jawa dan  sampai luar Jawa 

Madu yang dijual oleh Zain adalah Madu asli yang langsung diambil dari hutan. Proses pengambilanya memakan waktu sampai dua hari dan biasanya diambil saat musim kemarau. Alasannya karena kualitas madu terbaik hanya ada di musim kemarau. Cara pengambilanya sendiri dengan mengambil sarang madu lalu menyisakan sedikit agar nantinya terbentuk sarang madu lagi,
 ''Setelah itu diperas dan disaring madunya kemudian dimasukan ke botol. Proses pengolahanya tidak memakai bahan pengawet, karena madu hutan alami Situbondo ini bisa bertahan sampai dua tahun,''katanya.

Selain itu, madu hutan asli Situbondo ini memiliki beberapa khasiat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membersihkan racun, menurunkan berat badan, meredakan radang tenggorokan.  ,'' Serta mengatur kadar gula dan mencegah resiko jantung,'' kata pria asal Desa Wringin Anom Situbondo ini. 

Dia juga menjelaskan ciri-ciri madu asli, diantaranya madu asli jika jatuh tetap bulat, Rasa khas tidak manis seperti gula. Apabila dicampur dengan air tidak gampang larut (butuh diaduk,Red), jika tutupnya sangat rapat maka ketika dibuka akan terdengar suara letupan. ''Karena disebabkan gas alam yang terkandung dalam madu, dan yang terakhir kotoran madu didalam botol akan mengendap  ke atas,''katanya.

Selanjutnya Zain berharap semangat berwirausahanya ini bisa menular ke pemuda-pemudi di desanya.  Agar para muda-mudi di desanya memiliki semangat kuat untuk berkontribusi membangun daerahnya. 

Selain itu Zain berharap pemerintah Kabupaten Situbondo juga turut membantu menglobalkan produk alamnya, agar potensi alam yang dimiliki Situbondo bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Pemda Talaud Ditantang Kembangkan Destinasi Wisata di Pulau Miangas
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda