UniqMag

Menikmati Keindahan Sunset di Pulau Merah Banyuwangi

berita terkini
Suasana sore hari di kawasan Pantai Pulau Merah

BANYUWANGI, (suaraIndonesia.co.id) - Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu wilayah yang kaya akan objek wisata, salah satu objek wisata yang paling menarik adalah Red Island atau yang lebih dikenal dengan Pulau Merah. 

 

Terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri dibanding dengan beberapa tempat wisata lain di Banyuwangi. Pesona pantai yang memikat merupakan perpaduan akan kejernihan air yang seperti kristal, dilengkapi hamparan pasir putih sepanjang lebih dari 3 km menambah keindahan wisata yang berdekatan dengan tambang emas gunung tumpang pitu ini. 

Wisata pulau merah sendiri terkenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak didekat bibir pantai. Bukit ini pun dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. 

Dalam catatan sejarah lokal warga Banyuwangi khusus Pesanggaran, wisata ini pernah mengalami kerusakan parah yang disebabkan sunami pada tahun 1990an, akan tetapi kemudian pemkab setempat memberi perhatian penuh terhadap wisata ini, sehingga pada tahun 2012  yang lalu Pemkab Banyuwangi memperkenalkan Pulau Merah kedunia internasional melalui penyelenggaraan ajang lomba "Banyuwangi Tour De Ijen"

Selain keindahan pantai yang menarik, ombak yang besar yang digunakan surfing/ selancar baik dari kalangan pemula atau profesional, yang paling menarik dari panorama di Pulau Merah ini adalah  pemandangan dikala sore menjelang petang. Keindahan Sunset(Matahari tenggelam) diobjek wisata ini mempunyai kecantikan yang eksotis tersendiri dan paling disukai oleh wisatawan dan warga sekitar.

Salah satu warga yang paling sering mengunjungi wisata dikala Sunset adalah Erli Widiawati, warga Desa Sumbermulyo,  Pesanggaran ini mengatakan sering menikmati panorama Sunset Pulau Merah, hal ini disebabkan ada daya tarik tersendiri dan indahnya sangat eksotik.

"Saya sering kesini hampir 10 kali dalam satu bulan, apa lagi saat sore saat Sunset," ujar Erli.

Erli menambahkan, pantai Pulau Merah tersebut juga ramai saat siang hari. Bahkan bukan hanya orang lokal yang datang, namun tidak sedikit yang datang dari luar kota.

"Banyak juga orang dari luar negeri datang kesini untuk menikmati indahnya Sunset bersama keluarga dan kawan-kawannya," tetangnya. (Muzayin Sidiq)

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Pasca TMMD di Kubar, Pekerjaan Bangunan Fisik di Atas 35 Persen
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda