UniqMag

Hari Kedua Workshop Tunas Integritas, Pejabat Pemkab Kutim Antusias Ikuti Materi

berita terkini
Para Pejabat Lingkup Pemkab Kutim Terlihat Antusias Pada Workshop Tunas Integritas Dihari Kedua (Ist)

 

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) – Antusiasme peserta Workshop Tunas Integritas gelaran Inspektorat Wilayah Kabupaten (Itwilkab) Kutai Timur (Kutim) ternyata lebih banyak dihari kedua dibandingkan sebelumnya. Terlihat jumlah peserta bertambah dari hari pertama.

Nampak beberapa Kepala Dinas/Badan maupun Bagian  di Lingkungan Pemkab Kutim antusias sekali mengikuti materi yang dibawakan Asep Chaerloh, yang merupkan Inisiator dan Perumus Konsep Integritas Nasional.

Asep memberikan sebuah simulasi dengan gelas yang diisi beras, kemudian gelas tersebut diangkat dengan sebuah pensil. Melihat pemateri bisa mengankat gelas tersebut ada beberapa kepala OPD yang ini mencoba tantangan itu. 

 

Ada tiga peserta yang mampu menaklukan tantangan tersebut, sedang yang lainnya terus berusaha, namun belum berhasil juga.

Dari simulasi yang diberikannya itu, Asep menjelaskan bahwa untuk melakukan sebuah perubahan itu memerlukan orang-orang yang luar biasa dengan pareto 20 : 80 (atau juga dikenal sebagai aturan 80-20 yang menyatakan bahwa untuk banyak kejadian, sekitar 80 persen daripada efeknya disebabkan oleh 20 persen dari penyebabnya).

“Jadi untuk mengubah sesuatu itu tidak  harus semua diubah, namun untuk mengubah cuma butuh mencari 20 orang yang mempunyai strategi,” ungkap Asep.

Dia menambahkan, simulasi tersebut bisa diartikan seorang pemimpin adalah orang yang harusnya lebih dulu terinternalisasi. Selanjutnya untuk mampu melakukan hal yang luar biasa diperlukan rilek, fokus ditambah dengan kekuatan spiritual. (hms15/Advetoril)

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Dandim Apresiasi Insan Pers yang Bertugas di Perbatasan
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda