UniqMag

200 Warga Banyuwangi Dioperasi Katarak Gratis

berita terkini
Operasi katarak di bus mobile eye clinic milik John Fawcett Foundation di halaman gedung PMI Banyuwangi, (25/4).

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id) - Puluhan relawan John Fawcett Foundation melakukan operasi katarak terhadap 200 warga Banyuwangi di gedung PMI Jalan Kartini Banyuwangi, Rabu (25/4) hingga Kamis (26/4).  Dua unit bus mobile eye clinic milik John Fawcett Foundation didatangkan ke Banyuwangi untuk tempat operasi katarak.

 

Ratusan pasien katarak itu berasal dari berbagai pelosok desa di Kabupaten Banyuwangi. Mereka telah diperiksa oleh dokter dan didiagnosa menderita katarak.

Wakil Ketua PMI Cabang Banyuwangi, Nurhadi mengatakan, kegiatan sosial yang disponsori Yayasan John Fawcett Foundation itu sudah kali kedua di tahun 2018. Sebelumnya, acara serupa telah diselenggarakan di gedung PMI pada bulan Maret 2018.  “Saat itu, sebanyak 2500 orang diperiksa dan dioperasi setelah didiagnosa menderita katarak,” terangnya.

Menurut Nurhadi, masyarakat Banyuwangi sangat terbantu dengan adanya bakti sosial

dari John Fawcett Foundation tersebut. Apalagi, warga tidak mampu dari pelosok desa. “Kegiatan John Fawcett Foundation ini diadakan setiap tahun,” imbuhnya.

Muhammad, keluarga pasien katarak asal Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi mengaku senang dengan adanya operasi katarak gratis tersebut. Sebab, orang tuanya yang telah didiagnosa mengidap penyakit katarak, kata dia, kini bisa dioperasi secara cuma-cuma. “Kalau keluar biaya sendiri pasti mahal. Terima kasih, orang tua saya sudah dioperasi gratis,” ujarnya. (Surya Anto)

 

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Nikmati Sensasi Terbang di Langit Pantai Manggar Balikpapan
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda