UniqMag

Pelaku Wisata Borobudur Magelang Dilatih Tingkatkan Pelayanan

berita terkini
Para pelaku wisata di Magelang saat mengikuti pelatihan peningkatan pelayanan

MAGELANG, (suaraindonesia.co.id) - Sebanyak 60 pelaku wisata Borobudur mengikuti pelatihan peningkatan kualitas pelayanan di Bale Mijil Desa Candirejo, Borobudur. Pelayanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Magelang.

 

Peserta pelatihan merupakan pengelola Balkondes, komunitas kusir andong dan kereta kuda, komunitas driver VW Safari Wisata, pengelolka Art Shop dan pengelola galeri lukisan. Acara ini juga dihadiri General Manager Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) I Gusti Putu Ngurah Sedana, Kabid Ekonomi Bappeda Kabupaten Magelang Amirudin Zuhri, Disparpora, dan BKB.

Dosen Manajemen Perhotelan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang  Emik Rahayu,mengatakan bahwa setiap pelaku wisata harus mengutamakan pelayanan prima yaitu pelayanan yang fokusnya pada kepuasan dan loyalitas wisatawan. Meliputi, penampilan yang menarik (grooming secara fisik dan psikis, percaya diri dan professional), senyum dan sapa, komunikasi yang baik, serta sopan santun dalam bertelepon. 

Selain itu, kata dia, pelaku wisata juga harus mampu menciptakan diferensiasi pelayanan untuk menarik wisatawan supaya lebih lama tinggal di Borobudur dan dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata pendamping yang ada di sekitar candi sebagai magnet utamanya.

"Pelaku desa wisata juga harus mampu berkomunikasi dengan tamu mancanegara secara lancar. Untuk itu, kemampuan menguasai bahasa asing diperlukan. Belajar bahasa Inggris praktis dapat menumbuhkembangkan rasa percaya diri pelaku wisata," tambah Setyo Prasiyanto.

Sementara itu, Pakar Kewirausahaan Andi Hallang Lewa  menambahkan bahwa potensi wisata di sekitar Candi Borobudur sangat menjanjikan apabila dikelola dengan baik. Dia mendorong para pelaku wisata untuk menciptakan terobosan-terobosan baru dengan cara ATM yakni amati, tiru dan modifikasi. (Surya Anto)

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya 200 Warga Banyuwangi Dioperasi Katarak Gratis
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda