UniqMag

Tumbuhkan Minat Baca Usia Dini, IGTKI Jember Ajak Orang Tua Gemar Membaca

berita terkini
Anak-anak antusias menonton dongeng boneka, membaca buku dengan mendongeng sangat digemari anak-anak.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Tumbuhkan minat baca kepada anak-anak usia dini, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Kabupaten Jember (IGTKI) ajak orang tua wali murid agar selalu membiasakan membaca buku.

Bertempat di TK Al Amien, tepat di samping Masjid Jami’ Al Baitul Amien kawasan Alun-alun Kabupaten Jember, sejumlah orang tua siswa-siswi taman kanak-kanak mendapatkan tips dan trik membacakan buku untuk anak-anak usia dini.

Menurut pengurus IGTKI Jember, Muhriyadi saat ini kebiasaan membacakan buku kepada anak-anak usia dini sangat jarang dilakukan para orang tua. Padahal kebiasaan membaca buku untuk anak- anak sangat besar manfaatnya.

“ Saat ini memang kebiasaan membacakan buku baik buku cerita ataupun pengenalan ilmu pengetahuan sangat jarang dilakukan para orang tua,” kata Muhriyadi.

“Kegiatan parenting ini sebenarnya bagian dari Gerakan Nasional Baca Buku (Gernas Baku) 5 Mei. Nah dalam kegiatan parenting ini kita memberikan pemahaman kepada para orang tua siswa bagaimana menumbuh kembangkan minat baca kepada anak-anak ,” lanjutnya.

Muhriyadi juga mengatakan tidak mudah membacakan buku kepada anak-anak. Ada cara atau trik membacakan buku agar mudah dipahami anak-anak. “Salah satunya dengan menggunakan gaya ngrumpi  dan jangan menggunakan Bahasa Indonesia dengan EYD. Tidak hanya itu tempatkan anak pada posisi senyaman mungkin. Posisikan diri orang tua sebagai teman saat membacakan buku,”katanya.

Masih menurut Muhriyadi, banyak cara yang bisa dilakukan pihak orang tua dan taman kanak-kanak untuk menumbuhkan minat baca kepada anak-anak.” Salah satunya dengan pembuatan buku cerita. Pembuatan buku cerita itu yang paling mudah adalah lewat karya anak-anak. Jadi karya anak-anak dikumpulkan jadi satu kemudian dirangkaikan menjadi buku cerita,”ujarnya.

Pembuatan buku cerita dengan melibatkan anak-anak dan orang tua sendiri telah dilakukan di TK Al Amien. Tidak hanya sekedar membuat buku cerita, buku tersebut nantinya dibacakan orang tua kepada anak masing-masing. “ Nanti masing-masing orang tua saling tukar dengan buku cerita dan kemudian dibacakan kepada anak-anak,” jelas Muhriyadi.

Sementara itu Kepala TK Al Amien  Endang mengatakan, bahwa membacakan buku kepada anak-anak sangat bermanfaat. Endang mencontohkan apa yang terjadi pada dirinya sendiri. “ Pada waktu kecil dulu saya sering dibacakan cerita oleh orang tua, nah apa yang diceritakan orang tua saya ini sampai sekarang masih melekat, “ katanya.

“ Dengan membacakan buku kepada anak-anak ini orang tua bisa memasukan ajaran moral dan agama kepada memori anak-anak. Dimana pada akhirnya dapat membentuk mental dan akhlak mereka sehingga pada saat besar nanti anak-anak ini menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan bermental baik, serta punya kebiasaan untuk membaca,”pungkasnya

 

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Laka Maut di Simpang Sender OKU Selatan, Satu Pengendara Motor Tewas
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda