UniqMag

Ratusan Sastrawan Kemah Sastra Nasional di Banyuwangi

berita terkini
Para sastrawan Nasional membacakan puisi di amphitheatre jawa jiwa resort Banyuwangi

BANYUWANGI,(suaraindonesia.co.id) - Ratusan sastrawan mengikuti Kemah Sastra Nasional di Desa Adat Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi mulai Sabtu (28/4) hingga Minggu (29/4). Mereka tidak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu ada enam sastrawan dari Malaysia dan satu orang dari Singapura. Beberapa tokoh sastra Indonesia juga diundang menjadi narasumber workshop penulisan cerpen dan puisi, diskusi sastra, dan membacakan puisi.

Di antaranya, Zawawi Imron, Ahmadun, Hasan Asphani, Sutardji Calzoum Bahri, Husnizar Hood, dan sutradara film Garin Nugroho. Pembukaan Kemah Sastra Nasional dilakukan di amphiteatre Jawa Jiwa Resort, Sabtu pagi (28/4).

Satu per satu sastrawan nasional dan mancanegara membacakan puisi karyanya. Siang harinya, peserta mengikuti workshop penulisan puisi dan cerpen di Rumah Budaya Osing di Desa Kemiren. Nah malam harinya, diskusi sastra dilakukan di Sanggar Genjah Arum Desa Kemiren.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat membuka acara mengaku menyambut baik Kemah Sastra Nasional tersebut. Apalagi para sastrawan nasional dan mancanegara menyumbangkan karya puisinya dengan tema keindahan Banyuwangi, yang meliputi pantai, laut, dan gunung.

“Karya-karya puisi itu turut mempromosikan keindahan Banyuwangi. Para sastrawan juga diajak menyaksikan secara langsung kawah Gunung Ijen dan pemandangan bawah laut di Pantai Bangsring,” kata Anas.(Surya Anto)

Reporter : Windi Ashari
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya MAN 2 Pamekasan Gelar Pelepasan Santri Kelas XII dan Wisuda ke X Prodistik
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda