UniqMag

400 Peserta Siap Adu Kemampuan dalam MTQ Lumajang

berita terkini
Pembukaan MTQ Kabupaten Lumajang serta Pengukuhan Juri di pendapa kabupaten, Senin (40/4)

LUMAJANG, (suaraindonesia.co.id) - Sekitar 400 peserta dari 21 kecamatan di Lumajang bakal beradu kemampuan dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten. Dalam pembukaan tersebut, dewan hakim MTQ Lumajang juga ikut dikukuhkan.

Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Lumajang, Iskandar  menuturkan, kegiatan tersebut sudah rutin dilaksanakan di Lumajang. 
Setiap dua tahun sekali, pemerintah daerah mengadakan acara yang sama untuk menyaring potensi potensi baru di Lumajang.

Dia menambahkan, tujuan dari diadakannya MTQ tersebut selain menyaring potensi baru, juga sebagai langkah mengirim peserta ke jenjang yang lebih tinggi. 
''Juara dari MTQ kabupaten ini akan mewakili Lumajang ke Jawa Timur," katanya.

Tahun ini ada 400 peserta dari 21 kecamatan di Lumajang yang ikut dalam pagelaran tersebut. 11 cabang akan dilombakan dalam perlombaan yang dilaksanakan dalam sepekan ini.

Iskandar menjelaskan, 11 cabang yang diperlombakan diantaranya, Cabang Tilawatil Qur'an (Kategori Dewasa Qiro'ah Sab'ah dan Tuna Netra, Remaja, Mujawwad, dan Anak-anak),Tartil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an ( CCQ), Cabang Syahril Qur'an, Cabang Khottil Qur'an (Kaligrafi), Cabang Hifdzil Qur'an, Cabang Tafsiril Qur’an, Cabang Makalah Ilmiah AI-Qur'an.

Sekda Lumajang Gawat Sudarmanto mengharap, setiap tahun semangat peserta yang mengikuti MTQ semakin tinggi. Sehingga Lumajang mendapatkan kader MTQ yang berkualitas. 
"Saya harap semangat mengikuti MTQ ini tetap tinggi untuk membuahkan hasil yang maksimal," katanya.

Gawat juga sangat mengapresiasi banyaknya peserta yang ikut pada MTQ  Lumajang 2018 ini. Apalagi adanya peserta difable yang juga berkesempatan mengikuti MTQ. Permintaan pengajuan anggaran untuk memacu prestasipun dilontarkan. "Segera apa apa yang bisa meningkatkan kualitas dan mutu MTQ harus diajukan anggarannya secara logis untuk tahun anggaran 2019," pungkasnya.

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya 20 Negara Siap Semarakan Jogja Internasional Travel Mart
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda