UniqMag

115 Penyandang Disabilitas di OKU Selatan dapat Pelayanan Gratis

berita terkini
Suasana pengobatan kepada penyandang disabilitas

OKU SELATAN, (suaraindonesia.co.id) - Sebanyak 115 orang penyandang disabilitas di Kecamatan Muaradua, Buay Sandang Aji,Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan mendapat pelayanan sosial gratis.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU Selatan Endar Suhairi melalui Kabid Rehabilitas Evita Winda mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Komplek Puskesmas Muaradua selama satu hari, Rabu (02/05).

Evita Winda mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini dalam rangka memperluas jangkauan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas, sehingga lebih adil dan merata.

Dinas Sosial Provinsi Sumsel, dalam pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan dinsos kabupaten OKU Selatan dan puskesmas setempat.

”Kami berharap kegiatan ini mampu mendeteksi secara dini kecacatan para penyandang disabilitas,” kata Evita.

Pelayanan diberikan kepada anak-anak, orang dewasa dan orang tua. Baik yang mengalami keterhambatan kesehatan fisik maupun psikologis. Selanjutnya mereka ditangani oleh pihak rumah sakit (Puskesmas Muaradua) untuk diberikan pelayanan kesehatan.

Dia menambahkan, hasil dari unit pelayanan sosial keliling (UPSK), dapat dirujuk ke instansi terkait, atau lembaga pelayanan orang dengan kecacatan sesuai dengan jenis kecacatannya. 

Dengan demikian, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) khususnya penyandang disabilitas di Kabupaten OKU Selatan dapat diminimalisasi.

Selain itu, kegiatan pelayanan sosial keliling diharapkan dapat memulihkan fungsi sosial para penyandang disabilitas agar mereka dapat diterima secara wajar dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat.

”Kami ingin semua masyarakat berperan aktif dalam upaya penanganan penyandang disabilitas.”

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi psikologis, pengobatan, serta rujukan juga diberikan pada mereka. Dinsos Sumatra Selatan juga memberikan kebutuhan bantuan berupa kursi roda, tongkat ketiak, alat pendengaran, dan kaki palsu, bagi para penyandang disabilitas yang ada di wilayah Kabupaten OKU Selatan.

Terpisah Kepala Puskesmas Muaradua Sudibyo  mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Dengan adanya kegiatan ini masyarakat khususnya bagi penyandang disabilitas bisa merasakan perhatiaan dan kepedulian pemerintah daerah maupun provinsi,'' katanya. 
melalui bantuan alat-alat yang digunakan diharapkan bisa untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk beraktifitas.

Selain itu Sudibyo juga menghimbau kepada masyarakat OKU Selatan Khusus Penyandang Disabilita agar jangan merasa malu atau menutup diri dari aktifitas dan rutinitas yang mampu dilakukan meski kondisi fisik mau pun mental tidak seperi masyarakat yang normal lainnya.

Reporter : Sri Fitriyana
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Enam Kecamatan di Bantul Ini Rawan Kekurangan Air
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda