UniqMag

Rektor Unej : Mari Siapkan SDM Agar Lapangan Kerja Tak Direbut Asing

berita terkini
Rektor Unej menyematkan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun kepada Prof. Dr. Bambang Sujanarko saat upara hardiknas

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Rektor Universitas Jember mengajak segenap sivitas akademika untuk bahu membahu menyiapkan pendidikan anak bangsa agar mampu menjadi  SDM yang berkualitas dan mampu bersaing di arena pasar bebas. 

Sebab dengan adanya SDM yang berkualitas, maka  tidak ada lagi kekhawatiran lapangan pekerjaan di Indonesia bakal direbut oleh tenaga kerja asing, bahkan jika perlu justru SDM Indonesia yang merambah pasar kerja internasional.

Ajakan ini disampaikan Moh. Hasan, saat memberikan sambutan dalam rangka upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di lapangan upacara Kampus Tegalboto (2/5).

''Saya mengajak segenap sivitas akademika Universitas Jember untuk menjadikan momentum Hari Pendidikan Nasional sebagai ajang evaluasi diri, apa yang sudah kita lakukan dan apa yang masih harus kita perbaiki untuk memberikan bekal kemampuan bagi segenap anak bangsa.

 Saya yakin, dengan bekal pendidikan khususnya pendidikan tinggi, maka sumber daya manusia Indonesia bakal mampu menangani pekerjaan yang  ada di Indonesia, sehingga tidak perlu takut direbut oleh pekerja asing, ''tegas Hasan.

 Menurutnya tema Hardiknas 2018 yang ditentukan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yakni Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia amat relevan dengan kondisi akhir-akhir ini. 

Dia  lantas mencontohkan langkah kampus Tegalboto guna mengantisipasi kebutuhan tenaga terdidik di berbagai bidang, khususnya di ranah Sains, Technology, Engineering and Mathematics (STEM).

Diantaranya dengan membuka membuka program studi baru semisal Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Kimia, Teknik Konstruksi Perkapalan di Fakultas Teknik. 

Program Studi Teknologi Informasi dan Informatika di Fakultas Ilmu Komputer, program Studi Peternakan, dan program studi lainnya. Saat ini ijin untuk operasional Program Studi Ilmu Gizi sudah keluar, sementara untuk Program Studi Pertambangan dan Perminyakan masih dalam proses, ujar Moh. Hasan.

Dalam upacara peringatan Hardiknas 2018 di kampus Tegalboto, pemerintah menganugerahkan Satya Lencana Karya Satya kepada PNS di lingkungan Universitas Jember yang telah mengabdikan diri selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. 

Terdapat 37 PNS yang menerima Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, 29 orang PNS penerima penghargaan 20 tahun, dan 80 PNS yang menerima Satya Lencana Karya Satya 10 tahun. 

Selain itu, Rektor menyerahkan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi Universitas Jember tahun 2018 yang diraih oleh Umroh Makhmudah dari Fakultas Ilmu Komputer. Penghargaan juga diberikan kepada para peneliti Kampus Tegalboto atas pencapaiannya di berbagai bidang penelitian. 

Selamat bagi para penerima penghargaan, khusus bagi Umroh Makhmudah supaya mempersiapkan diri dengan baik karena bakal mewakili Universitas Jember di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2018 tingkat nasional, imbuh Moh. Hasan lagi.

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya 115 Penyandang Disabilitas di OKU Selatan dapat Pelayanan Gratis
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda