UniqMag

Pamekasan Bakal Jadi Kabupaten Literasi

berita terkini
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan Moh. Tarsun Saat dimintai keterangan.

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Kabupaten Pamekasan akan dicanangkan menjadi kabupaten literasi, pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saat ini melakukan kerjasama dengan konsultan Australia untuk mencapai tujuan itu. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan,  Moh. Tarsun mengungkapkan bahwa dunia literasi di Indonesia sangatlah rendah.

“Literasi kita menurut UNESCO di Tahun 2012 mencapai 0,001, jadi budaya baca kita rendah," tutur Tarsun pada suaraindonesia.co.id.

Di tahun 2016, studi Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity menyatakan, bahwa Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat baca, tepat berada di atas Bostwana di urutan ke-61 dan di bawah Thailand yang menempati urutan ke-59.

Menurut Tarsun, kunci pendidikan itu bergantung pada tingkat literasi, terutama minat dan daya baca peserta didik.

“Untuk meningkatkan literasi pada tanggal 06 kami akan menggelar Gernasbaku yaitu gerakan membaca bersama orang tua beserta anaknya," papar Tarsun.

“Tidak hanya itu, kegiatan rutin yang akan dilakukan adalah program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), dimana setiap sekolah memberikan waktu 15 menit sebelum KBM dimulai untuk menyempatkan membaca," imbuhnya. 

Pihaknya juga menyampaikan bahwa Pemkab Pamekasan sudah melakukan kerja sama dengan konsultan Australia.

“Kita saat ini bekerjasama dengan konsultan Australia, karena kedepan Kabupaten Pamekasan akan menjadi kabupaten literasi," pungkasnya.

Reporter : Sohebullah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Bupati dan Wakil Bupati Kutim Buka Festival Kuliner Sangatta Selatan 2018
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda