UniqMag

Smart Regency Untuk Pengembangan Informasi Cerdas Kabupaten Kutai Timur

berita terkini
Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kutim, memaparkan penyusunan masterplan Smart Regency (ist)

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) - Kepala Dinas Komunikasi, Persandian dan Statistik Kutim, Erlyan Noor mengatakan tujuan dari penyusunan grand design dalam bentuk masterplan Smart Regency, Kabupaten Kutim dan Pengembangan Inovasi "Smart" atau pintar melalui informasi cerdas dengan memanfaatkan teknologi, adalah guna menciptakan tatanan pemerintahan yang efektif dan efisien. Berikutnya inovasi, cerdas, pelayanan publik ke segala lapisan masyarakat dan membantu mengembangkan kota serta wilayah yang lebih berkelanjutan, dibidang ekonomi dan ramah lingkungan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Erly, sapaan Erlyan Noor sesaat sebelum pemaparan akhir Penyusunan Masterplan Smart Regency, Kabupaten Kutai Kutim dan Pengembangan Inovasi Smart, oleh tim Universitas Gadja Mada, diruang Tempudau Kantor Bupati, Rabu (2/5/2018) kemarin.

"Smart Regency merupakan salah satu konsep wilayah yang mampu mendorong peran masyarakat dalam membangun wilayah. Selain itu, konsep smart regency dapat menciptakan interaksi yang dinamis antara masyarakat dan pemerintah daerah," sebutnya. 

Menurut mantan Kepala Bapemas Kutim ini, konsep Smart Regency tidak bisa lepas dari pemanfaatan teknologi informasi komunikasi (TIK). Tujuannya untuk memaksimalkan berbagai produk pengembangan. Dengan sasaran yang ingin dicapai dalam penyusunan masterplan smart regency diantaranya terwujudnya arah pembangunan pemerintah daerah yang sinergi dan terpadu, menuju kearah smart regency. 

Selanjutnya merumuskan visi dan misi, sasaran dan strategis kearah pembangunan smart regency di Kutim. Terakhir, tersusunnya smart regency yang sesuai dengan kondisi visi dan misi di Kabupaten Kutim. 

"Dan yang tak kalah penting adalah tersusunnya roadmap pengembangan smart regency, Kabupaten Kutim, yang mungkin sampai 10 tahun," jelasnya. (hms15/Advetorial)

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Bupati Tetap Prioritaskan Infrastruktur Pendidikan di Kutim, Wabup Imbau Generasi Muda Tak Konsumsi Narkoba
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda