UniqMag

Karyawan di Bondowoso Rasakan Manfaat Return To Work

berita terkini
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember Dwi Endah Aprilistyani saat menyerahkan santunan kepada Nanang Mulyono

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) – Seorang karyawan sebuah perusahaan di Bondowoso dapat kembali menjalani rutinitasnya dan tidak kehilangan pekerjaan pasca mengalami kecelakaan yang menyebabkan telapak tangannya putus.

Nanang Mulyono, 24, dengan didampingi pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Jember, diantarkan untuk kembali bekerja di perusahaannya. Tidak hanya itu, sebelumnya Nanang bahkan sempat mendapatkan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).

Nanang sendiri tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, dengan merasakan manfaat program return to work.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember Dwi Endah Aprilistyani menyampaikan, program “return to work” adalah perluasan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dengan memberikan manfaat bagi peserta BPJS yang pernah mengalami kecelakaan kerja.

“Saudara Nanang ini adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang juga ikut program JKK. Saat bulan Desember 2016 kemarin mengalami kecelakaan kerja,” ujar Endah kepada sejumlah wartawan, Jumat (4/5).

Endah menjelaskan, akibat kecelakaan itu, Nanang harus menjalani pengobatan dan menjalani proses pelatihan kerja.

“Namun meski selama menjalani pengobatan dan tidak mampu bekerja, saudara Nanang tetap menerima gaji. Bahkan seluruh biaya pengobatan dan pelatihan (kerja) ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Setelah sembuh, kata Endah, Nanang dapat kembali bekerja di tempat kerjanya, meskipun saat ini ditempatkan pada bagian lain.

“Setiap pekerjaan pasti mempunyai risiko. Baik itu pekerja formal maupun informal. Jaminan sosial ketenagakerjaan adalah wujud dari kehadiran negara untuk menyejahterakan pekerja” katanya.

“Bertepatan dengan memperingati May Day (1/5) lalu, kami mengantarkan Saudara Nanang untuk kembali bekerja di perusahaan. Namun sebelum kembali bekerja, Saudara Nanang juga telah mendapatkan pelatihan dari BLK”, ujar Endah menambahkan.

Meski tidak bekerja di bagian yang sama di CV Anugerah Alam Abadi, Kabupaten Bondowoso, namun Nanang tetap bersyukur karena dapat kembali bekerja.

 “Dulu sempat khawatir tidak bisa bekerja karena kecelakaan yang saya alami itu. Namun dengan adanya manfaat dari program JKK “return to work” . Alhamdulillah saya dapat diterima untuk bekerja kembali di perusahaan,” ujarnya.

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Pemuda Mabuk di Jember Tewas Tabrak Pohon
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda