UniqMag

Ini Dia, Cokelat Karya Mahasiswa Jember yang Cocok untuk Penderita Diabetes

berita terkini
Cokelat Pacar karya mahasiswa Unej yang aman dan nyaman bagi penderita diabetes
JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Siapa yang tidak suka cokelat atau makanan berbahan cokelat? Makanan lezat ini disukai oleh banyak kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati cokelat yang umumnya berasa manis ini, misalnya para penderita diabetes melitus atau penyakit gula. 
 
Berangkat dari fakta ini, Ifan Arif Maulana, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember tergerak menciptakan makanan berbahan cokelat yang aman untuk penderita diabetes.
Idenya lantas dituangkan dalam karya tulis ilmiah, dan berhasil menjadi juara dua dalam ajang kompetisi nasional Essay Kelompok Peneliti Muda 2018 yang digelar oleh Universitas Negeri Jakarta. Hadiahnya, Ifan berkesempatan jalan-jalan gratis ke Singapura, Malaysia, dan Thailand.
 
“Ide awalnya berawal dari kondisi saya sendiri, kebetulan saya berasal dari keturunan penderita diabetes tapi suka makan cokelat. Yang kedua, cokelat itu makanan yang banyak disukai kalangan anak muda, bahkan umum dijadikan hadiah.
Nah jika saat muda sering makan makanan manis tanpa memperhatikan efeknya, bisa jadi nanti terkena diabetes. 
 
Lantas terpikirkan kemudian bagaimana menciptakan makanan cokelat yang aman bagi penderita diabetes. Nah, ide ini lantas menemukan jalan saat saya mengikuti kuliah Fitoterapi yang mengulas manfaat tanaman sebagai obat.
 
Dalam kuliah ini dibahas manfaat tanaman Pacar yang mengandung bahan laosone yang bisa menghambat terbentuknya glukosa dalam darah,” jelas Ifan saat ditemui di sela-sela mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di kampus Fakultas Farmasi, Sabtu (5/5).
Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Rakernas di Yogyakarta, IHGMA Targetkan Bina 700 SMK Pariwisata
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda