UniqMag

Pembinaan di Pamekasan, Kepala Kanwil Kemenag Jatim: Guru Mengajar, Mendidik dan Mengedepankan Akhlakul Karimah

berita terkini
Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I setelah memberikan pembinaan kepada guru dan pengawas ASN di lingkungan Kemenag Pamekasan.

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Dalam rangka pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur H. Syamsul Bahri menyampaikan hal-hal penting bagi guru dan pengawas.

Syamsul mengatakan, ada 3 hal penting yang harus dilakukan guru dan pengawas di lingkungan madrasah.

"Performance harus berubah, berani tampil menjawab tantangan yang dibutuhkan masyarakat, dan harus mendesain komponen-komponen madrasah menjadi berwibawa," tuturnya.

Dilanjutkan Syamsul, bahwa guru dan murid harus betul-betul ada satu rasa saling membutuhkan.

"Guru tidak sekedar mengajar tapi mendidik, mengedepankan akhlakul karimah sehingga kelak menjadikan anak-anak yang cerdas intelektualnya berhati Mekkah," jelasnya. 

Ia menambahkan, kedepan madrasah-madrasah di bawah naungan Kanwil Kemenag Jawa Timur akan menerapkan konsep baru dalam memilih pimpinan madrasah.

"Konsep kedepan, kita akan melakukan seleksi terhadap para pimpinan madrasah untuk mencapai madrasah yang hebat bermartabat," terangnya.

Syamsul menyampaikan harapan, dengan adanya kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan kemampuan tenaga pendidik, mudah-mudahan ke depan madrasah tetap kembali menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

"Ini terbukti sekarang banyak madrasah yang kewalahan menerima murid, karena kecenderungan orang tua dari kelas elit sampai kelas petani itu lebih memilih madrasah sekarang," katanya.

Diakhir wawancara, Syamsul menyatakan madrasah dan sekolah adalah lembaga pendidikan yang sama-sama bertujuan membesarkan anak-anak bangsa, harus fastabiqul khairat bersama-sama maju untuk bangsa dan negara.

Reporter : Sohebullah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Organda DIY Siapkan 854 Bus untuk Lebaran
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda