UniqMag

Ini yang Dilakukan PMI Jember untuk Penuhi Target 500 Kantong Darah Selama Puasa

berita terkini
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat akan melakukan donor darah

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Palang Merah Indonesia saat ini mengejar target penuhi kebutuhan 500 kantong darah untuk kebutuhan selama bulan puasa hingga lebaran  H+7. Upaya memenuhi target ini dilakukan hingga H-1 puasa mendatang.

Humas PMI Jember Setyo Husodo mengatakan, setiap bulan puasa, sering terjadi penurunan jumlah pendonor. Sehingga target kebutuhan akan kantong darah harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

“Tetapi PMI tidak akan putus asa, sebab pada malam hari (Bulan Ramadan) PMI tetap akan membuka pelayanan bagi pendonor darah. Pelayanan itu akan dilakukan di seluruh penjuru Kabupaten Jember, baik di 31 kecamatan, dan juga di depan Masjid Jami’, karena juga merupakan kegiatan rutin kami seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Setyo, di sela kegiatan bakti sosial donor darah yang digelar Polres Jember di Gedung Bayangkara, Kecamatan Patrang, Rabu siang (9/5).

Upaya optimal yang dilakukan tersebut, kata  Setyo, untuk memenuhi kebutuhan akan kantong darah hingga hari lebaran, dan juga sampai tujuh hari ke depan. “Apalagi yang paling krusial adalah, waktu hari H lebaran sampai H+7 setelahnya,” ucapnya.

Kesadaran masyarakat Jember sendiri untuk melakukan donor cukup tinggi, sehingga ketersediaan kantong darah sampai saat ini relatif aman..

“Kami bersyukur angka kecelakaan lantas juga menurun, sehingga ketersediaan darah masih cukup,” katanya. Namun pihaknya tetap akan melakukan langkah antisipasi agar jangan sampai terjadi kekurangan kantong-kantong darah.

Lebih jauh Setyo menyampaikan, pihaknya pun akan terus mendorong masyarakat Jember untuk lebih giat lagi dalam melakukan donor darah.

“Sebab dengan bertambahnya jumlah rumah sakit, kebutuhan akan kantong darah juga berpengaruh. Sehingga jangan takut untuk donor darah, karena selain memberikan manfaat sehat, juga bermanfaat untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo kegiatan donor darah tersebut digelar Polres Jember dalam rangka kepedulian sosial dan peringatan hari donor darah sedunia 8 Mei 2018.

“Sementara terkumpul 150 anggota yang siap untuk mendonorkan darahnya, namun kegiatan ini masih berlangsung. Jadi semoga bisa memenuhi kebutuhan kantong darah itu, dan memberikan manfaat bagi orang lain,” tuturnya. 

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Mahasiswa Unmuh Jember Tuding Rektor Tidak Transparan Terhadap Anggaran Kampus
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda