UniqMag

Oktober Mendatang Tarian Hudoq Warnai Musim Tanam Padi di Mahulu 

berita terkini
Kepala Disparpora Mahulu, Kristina Tening 

MAHAKAM ULU, (suaraindonesia.co.id) - Tidak lama lagi masyarakat suku dayak Bahau dan Kayaan yang mayoritasnya sebagai petani padi gunung di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), akan menggelar puncak  pesta panen padi atau biasa disebut dengan turunnya Hudoq sebagai ritual Laliq Ugal dari si pemegang keturunan menanam padi musiman yang di panen setiap tahunnya.

 

Tari-tarian dan hudoq bertopeng akan meramaikan puncak pesta panen di Mahulu yang biasanya di mulai pada September hingga Oktober di setiap tahunnya sebagai ritual pelaksanaan puncak pesta panen padi dalam tradisi Suku Dayak di Mahulu.

Turunnya hudoq ketika saat penanaman padi, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Hudoq Kawit pertama.

"Selain itu biasanya hudoq digunakan untuk ritual bagi masyarakat dari musim tanam hingga musim panen, baru diturunkan lagi Hudoq Kawit sebagai penutup," ungkap Kepala Disparpora Mahulu Kristina Tening, kepada media ini, Rabu (9/5/2018).

Ritual hudoq, kata Tening, panggilan akrabnya mengatakan, tradisi tersebut telah berlangsung secara turun temurun dalam tradisi Suku Dayak Bahau dan Kayaan. Oleh sebab itu, kata dia, menurut keturunan dari leluhur nenek moyang terdahulu, ritual Hudoq biasa dilakukan memasuki di bulan September hingga Oktober.

"Hudoq ini sudah mejadi agenda tahunan di tingkat Pemkab Mahulu, yang telah masuk di Kemenpar. Nantinya terpusat pelaksanaannya di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun," tuturnya.

"Saat ini, rencana pelaksanaan puncak pesta panen tersebut terus dimatangkan oleh Pemkab Mahulu bersama Lembaga Adat Kabupaten dan masyarakat, maupun panitia pelaksananya. Harapan kami pada puncak acara pesta panen nanti tidak terganggu oleh kondisi cuaca seperti banjir maupun hujan." pungkasnya.

Reporter : Nur A
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya 32 Produk Inovasi dari Mahasiswa Universitas Jember Dipamerkan
Berita Selanjutnya Nanang Permana Resmi Jadi Wakil Ketua DPRD Ciamis

Komentar Anda