UniqMag

Festival Hudoq Mahulu Akan Digelar, Dua Ribu Hudoq Siap Pecahkan Rekor Muri 

berita terkini
Tarian Topeng Hudoq di Mahakam Ulu 

MAHAKAM ULU, (suaraindonesi.co.id) – Tahun Ini  Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), bersama lembaga adat besar dengan masyarakat Mahulu akan melaksanakan festifal Hudoq besar besaran di Kecamatan Long Bagun Oktober mendatang.

 

“Tahun ini pelaksanaan festifal Hudoq akan pecahkan Rekor Muri, dengan menampilkan 2000 penari hudoq, yang melibatkan masyarakat di lima kecamatan yang ada di Mahulu,” ungkap Kepala Disparpora Mahulu, Kristina Tening, kepada media ini, Rabu (9/5/2018).

Kegiatan tersebut akan mengundang pelaku wisatawan lokal hingga ke manca negara seperti eropa. Hingga saat ini, pihaknya masih mempersipkan undangan tersebut.  Hudoq sendiri sebuah ritual saat puncak pesta panen padi bagi masyarakat adat dayak Mahulu. 

Dalam pelaksanaan kali ini, terdapat beberapa ritual budaya yang akan dilaksanakan. Hudoq sebagai bagian puncaknya akan ditampilkan tarian Hudoq serta beberapa jenis tarian tradisional lainnya.

“Undangan akan kita sebarkan segera mungkin, setelah dilakukan rapat panitia untuk pemantapan hari dan tanggal pelaksanaannya nanti. tidak luput kita undang Pemprov Kaltim dan kabupaten/kota lainnya seperti, Kubar dan Kukar. Selain itu, kita berharap kepada seluruh suku dayak yang berada di luar daerah, yakni Balikpapan, Bontang dan Sengata, agar dapat hadir dengan membawa hudoq nya masing masing, agar festifal hudoq ini lebih meriah lagi,” pesannya.

Dijelaskan Tening, selain penginapan yang telah disiapkan oleh pihak panitia penyelenggara melalui Disparpora Mahulu, pihaknya juga menyiapkan rumah penduduk yang dijadikan Homstay buat para tamu undangan hadir.

“Pelaksaannya terpusat di Lapangan Sepakbola Ujoh Bilang. Dipinggir lapangan akan dibuat serapo/tenda yang terbuat dari daun hijau atau yang disebut atap kajang. Daun hijau itu disiapkan empat keping hatap kajang oleh masyarakat di 50 kampung se-Kecamatan Mahulu. Ini semua bentuk partisipasi masyarakat atas dukungan dalam festifal hudoq 2018 ini.” pungkasnya.

Reporter : Nur A
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Oktober Mendatang Tarian Hudoq Warnai Musim Tanam Padi di Mahulu 
Berita Selanjutnya Fang Seng, Pelepasan 1,5 Kwintal Ikan Menjelang Waisak di Banyuwangi

Komentar Anda