UniqMag

Pengobatan Inspiratif Expo On Site di Lombok Diserbu Ratusan Warga

berita terkini
Masyarakat Ikuti Pengobatan Gratis dalan rangka Inspiratif Expo yang digelar Dinaskominfotik NTB

LOMBOK TIMUR, (suaraindonesia.co.id) - Inspiratif Expo On Site yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis, dari dokter dan tim medis Fakultas Kedokteran Unizar Mataram.  Diserbu ratusan masyarakat desa Madayin kecamatan Sambelia kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan mingguan Dinas Kominfotik NTB tersebut secara perdana hadir ditengah masyarakat khususnya desa Madayin kecamatan Sambelia, yang merupakan salah satu kecamatan binaan Dinas Kominfotik NTB. Kehadiran Inspiratif Expo secara On Site  tidak hanya untuk memberikan inspirasi dan hiburan. Namun juga mendukung derajat kesehatan masyarakat. 

Hadir sebanyak 3 dokter dari Fakultas Kedokteran Unizar Mataram. Diantaranya dr. suci nirmala, S. ked, dr. ronanarasafa, S. ked, dan dr. cherryl nini, S. ked. Serta 8 orang tenaga medis dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Unizar Mataram. 

Antusiasme warga desa Madayin dalam pemeriksaan kesehatan secara gratis tersebut cukup tinggi. Terbukti dari catatan tim medis Unizar. Jumlah warga yang datang memeriksakan kesehatannya mencapai 80 hingga100 orang hanya dalam kurun waktu 1,5 jam.

Untuk keluhan penyakit yang paling banyak ditangani adalah hipertensi (darah tinggi) dan asam urat. Serta salah seorang warga yang mengeluhkan penyakit diabetes melitus (kencing manis). "Ada beberapa orang yang mengeluh asam urat, nyeri lutut dan leher serta ada satu orang yang agak parah kena diabetes melitus, sampai berefek ke tangannya, ada luka yang susah sembuh juga."ungkap Sulung Adi Dananjaya tim medis Fakultas Kedokteran Unizar Mataram.

Pemeriksaan kesehatan secara gratis tersebut juga sekaligus sebagai kegiatan bakti sosial Fakultas Kedokteran Unizar Mataram. Dimana rangkaian pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan dasar  seperti tekanan darah, dan konsultasi sejumlah penyakit yang diderita. "Tugas dokter selain mengobati pasien di rumah sakit, juga harus pengabdian ke masyarakat, ini termasuk bentuknya. Jadi mempermudah kami melakukan tugas kami," ungkap mahasiswa semester empat tersebut. 

Sementara saat disinggung mengenai tanggapannya tentang kegiatan Inspiratif Expo On Site Dana panggilan akrab mahasiswa yang juga seorang hafiz qur'an tersebut merasa senang dan bangga karena Fakultas Kedokteran Unizar kembali dipercaya Dinas Kominfotik NTB, untuk memberikan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi warga.

"Kami sangat senang karena kembali dipercaya, jadi waktu dihubungi tidak ada alasan lagi untuk menolak. Harapan kedepan untuk kerjasama bisa ditingkatkan kembali sehingga kami bisa dipanggil lagi nanti dalam kegiatan seperti ini,"tutupnya. 

Tidak hanya menghadirkan dokter dan tim medis Fakultas Kedokteran Unizar Mataram. Inspiratif Expo On Site kali ini juga menghadirkan PMI NTB dengan membawa ambulan multifungsinya untuk melayani masyarakat desa Madayin yang ingin melakukan donor darah.

Reporter : Lukmanul Hakim
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Anggota Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Lombok Mundur, Ada Apa?
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda