UniqMag

PU Mahulu Akui Bangunan Fisik RSP GSM Sudah Tuntas 

berita terkini
Kadis DPU Mahulu Solman saat ditemui dilokasi RSP GSM

 MAHAKAM ULU, (suaraindonesia.co.id) - Pasca beroperasinya RS Pratama Gerbang Sehat Mahulu (GSM), yang di resmikan langsung oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Kamis (3/5/2018), kini menjadi kebanggan masyarakat di tiga kecamatan hilir riam, yaitu Kecamatan Long Bagun, Laham dan Long Hubung.

 

Hal tersebut diungkapkan  warga di tiga kecamatan itu, diantaranya Lut Minal Abidin (42), warga Kampung Lutan, Kecamatan Long Hubung, mengatakan, masyarakat sudah sangat antusias sekali atas hadirnya pelayanan rumah sakit ini daripada harus ke kota besar lantaran sudah lengkap tenaga medisnya. 

"Disamping itu, keluarga juga lebih dekat dan bisa menunggu atau menjaga ketika dirawat inap di rumah sakit itu karena bisa lewat darat dari pusat ibuko kabupaten," ungkap Alut saat ditemui media ini, Kamis (10/5) tadi.

Pembangunan RSP GSM menyerupai rumah sakit tipe D ini dikerjakan oleh PT Naggroe Investastama, di kegiatan lanjutan pembangunan dengan nilai kontrak kerja sebesar Rp11,235, miliar lebih dari lanjutan kegiatan finising untuk anggaran fisik bangunan hingga selesai, menggunakan alokasi APBD Pemkab Mahulu tahun 2017.

"Untuk RSP GSM ini, dibangun melalui APBD Mahulu 2017, sementara di RSP Nawa Cita Datah Dave, Puskesmas Long Pahangai dan Puskesmas perbatasan di Tiong Ohang, di bangun melalui Dana Alokasi Khusus dari Kemenkes melaui APBN. Jadi secara bersamaan pembangunan di tahun 2017," ungkap Kepala DPU Mahulu Solman, saat ditemui dilokasi RSP GSM belum lama ini.

Diakui Solman, sebelumnya pembangunan RSP GSM itu juga mendapat bantuan dana dari Provinsi Kaltim, namun dirinya tidak mengetahui sepenuhnya, sebab saat itu dirinya belum menjadi Kadis PU Mahulu. Kemudian semasa dirinya menjabat, pembangunan itu dilaksanakan sampai tuntas. Kata dia saat ini masih dalam tahap pemeliharaan, selanjut akan diserahkan ke Dinkes Mahulu, atau kepada Direktur yang mengelola rumah sakit tersebut. 

“RSP GSM ini memiliki peran yang strategis untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, ditambah letak lokasinya tak jauh dari lokasi pembanguna kantor Bupati Mahulu di wilayah Kampung Long Melaham. Luas bangunan mencapai 2 hektare, kemudian luas total lahan lokasi sebesar 30 hektare persegi," pungkasnya.

Reporter : Nur A
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya Disparpora Mahulu Ungkap Sedikit Perbedaan Pelaksanaan Hudoq
Berita Selanjutnya Ribuan Pramuka Kutim Meriahkan HUT Pramuka ke 57 di Kantor Bupati

Komentar Anda