UniqMag

RSP Prof Mulyanto Unram Gelar Operasi Bibir dan Lelangit Sumbing

berita terkini
Panitia Bakti Sosial Operasi dan Lelangit Sumbing, dr Umu Istikharoh, SpBP-RE

MATARAM, (suaraindonesia.co.id) - Melihat masyarakat pra sejahtera yang sulit mengoperasi bibir sumbing dan langitan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Prof. Mulyanto Universitas Mataram (Unram) mengadakan bakti sosial berupa operasi bibir sumbing, pada 7 - 12 Mei 2018.

Panitia Bakti Sosial Operasi dan Lelangit Sumbing, dr Umu Istikharoh, SpBP-RE menyatakan kegiatan bakti sosial operasi bibir dan lelangit sumbing merupakan hasil kerjasama yang antara RSP Prof Mulyanto Unram, Cleft and Claiofacial Center RS Ciptomangunkusumo (RSCM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia dan Chang Gung Memorial Hospital dari Taiwan.

"Jadi mereka datang ke NTB untuk membantu saya membentuk tim baru dalam pembetukan Cleft Center di Mataram", kata Umu Istikharoh, pada acara Bakti Sosial Operasi Bibir dan Lelangit Sumbing, di Fakultas Kedokteran Unram, Mataram, Jum'at (11/5).

Dijelaskan dr. Umu, rangkaian kegiatan ini meliputi acara bakti sosial, sedangkan untuk acara ilmiahnya berupa penyuluhan, serta ada kuliah tamu.

"Dalam kegiatan kuliah tamu mendatangkan narasumber tim dari RDCM Jakarta & Taiwan dengan topik bahasan Cleft Protocol, Multidisciplinary Approach
Orthodontic Protocol serta pertumbuhan rahang pada pasien Cleft", paparnya.

Pada kegiatan bakti sosial, lanjut dr. Umu, diadakan operasi bibir dan lelangit sumbing secara gratis, karena NTB  merupakan salah satu wilayah dengan kejadian bibir dan lelangit sumbung yang cukup tinggi.

"Karena waktu persiapan yang pendek, ada 31 pasien dari Lombok juga Sumbawa yang berhasil di operasi pada 8-9 Mei yang lalu", katanya.

Reporter : AG Dany
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Di Pamekasan, Umat Islam Gelar Aksi Damai Solidaritas Palestina
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda