UniqMag

Begini Cara PPNI Banyuwangi Peringati Hari Perawat Sedunia

berita terkini
Ratusan anggota PPNI di Banyuwangi merayakan Hari Perawat Sedunia dengan seminar nasional di hall Hotel Aston, Sabtu (12/5).

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id) - Sebanyak 700 perawat di bawah binaan Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Kabupaten Banyuwangi memperingati Hari Perawat Sedunia dan HUT PPNI ke-44, Sabtu (12/5).

Mulai pagi hingga sore, ratusan perawat itu berkumpul di hall Hotel Aston Banyuwangi. Mereka mengikuti Seminar Nasional Keperawatan dengan tema “Perlindungan Hukum Praktik Perawat dalam Pelayanan Kesehatan dan Mandiri”.

Tiga narasumber berkompeten dihadirkan, yakni Nur Suhud, anggota Komisi IX DPR RI
yang membidangi kesehatan. Politisi PDI Perjuangan asal daerah pemilihan 3 Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso itu menuturkan kepedulian dan perhatian DPR kepada profesi perawat saat menyusun undang-undang keperawatan. \

Nur Suhud yang hadir diantar Eko Hariono, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banyuwangi itu juga memaparkan kaidah-kaidah undang-undang keperawatan dalam mengatur regulasi perlindungan hukum dan praktik pelayanan kesehatan dan mandiri.


Dua narasumber lainnya berasal dari DPW PPNI Jawa Timur. Mereka adalah Rudi Yulianto, MHKes, Divisi Hukum dan Dr Tri Johan Agus Yuswanto, Wakil Ketua Bidang Penelitian dan Infokom. Rudi membahas penerapan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 tentang keperawatan dalam praktik mandiri. Sedangkan Tri mengupas praktik keperawatan dalam pelayanan kesehatan dan tindakan di rumah sakit.


Ketua DPD PPNI Banyuwangi, Dr Sismulyanto mengatakan, perawat selalu bersentuhan dengan pasien dan masyarakat. Kondisi itu menyebabkan perawat sering mendapatkan persoalan hukum ketika melakukan tindakan keperawatan. “Perawat adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, sehingga selalu bersinggungan dengan masyarakat dan hukum,” cetusnya.


Sis menambahkan,perawat sangat membutuhkan perlindungan hukum. Untuk itu, PPNI menyelenggarakan seminar nasional keperawatan  dengan tema perlindungan hukum tersebut. “Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan kepada perawat karena hari ini  (Sabtu, 12/5) adalah Hari Perawat Sedunia sekaligus HUT PPNI ke-44,” tandasnya. (Surya Anto)

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Dua Pengcab Inaker Kota Malang Berebut Kursi Walikota
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda