UniqMag

217 Calon Mahasiswa Unej Tak Lakukan Regristasi Ulang

berita terkini
Regristasi ulang calon mahasiswa baru Universitas Jember.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Universitas Jember menerima 2.108 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Jumlah tersebut adalah jumlah siswa yang melaksanakan registrasi ulang pada tanggal 8 dan 9 Mei 2018 lalu di gedung Soetardjo.

Menurut  Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Agung Purwanto, sebenarnya dari jalur SNMPTN 2018 Universitas Jember menerima 2.325 calon mahasiswa baru, namun hingga jadwal registrasi ulang berakhir tercatat 217 siswa tidak mengikuti proses registrasi ulang. Jumlah calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang tahun ini lebih sedikit dari tahun lalu yang mencapai 279 orang.

“Sejak pendaftaran SNMPTN 2018 dibuka, kami telah mensosialisasikan kepada sekolah dan murid, bagi siswa yang diterima namun tidak melakukan registrasi ulang maka sekolahnya bakal dikenai sanksi. Untuk bentuk sanksi diserahkan kepada masing-masing PTN. Dapat berupa pengurangan kuota siswa yang diterima di sebuah PTN secara umum, atau pengurangan di program studi tertentu saja di jalur SNMPTN tahun depan,” tutur Agung Purwanto.

Agung Purwanto lantas menambahkan, dari 2.108 jumlah calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, 245 orang merupakan calon penerima Beasiswa Bidikmisi. “Selanjutnya para calon penerima Beasiswa Bidikmisi ini akan menjalani verifikasi lebih lanjut. Universitas Jember banyak diminati siswa  Bidikmisi, tercatat pada SNMPTN 2018 lalu ada 6.687 pendaftar SNMPTN Bidikmisi yang memilih kuliah di Kampus Tegalboto,” imbuh pria yang juga dosen di FISIP ini.

Selain menerima calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, Kampus Tegalboto juga menerima calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN dan ujian mandiri atau yang di Universitas Jember dikenal sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR).

“Untuk jalur SBMPTN, hasil tes akan diumumkan pada 3 Juli 2018 nanti jam 17.00 WIB. Sementara untuk pendaftaran SBMPTBR akan dimulai 25 Juni hingga 13 Juli 2018, dan ujian dilaksanakan pada 18 Juli 2018,” ujar Agung Purwanto.

Rencananya, semua calon mahasiswa baru Universitas Jember akan mengikuti upacara pelantikan mahasiswa baru Universitas Jember tahun akademik 2018/2019 pada tanggal 11 Agustus 2018 nanti, sekaligus pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2). 

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Empat Tahfid Cilik di Pasirian Lumajang Diwisuda
Berita Selanjutnya Dandim 1312/Talaud : Gotong royong membangun dalam keterbatasan di Perbatasan

Komentar Anda