UniqMag

Tentukan Awal Puasa, Rukyatul Hilal di Gunung Sadeng dan Pantai Paseban Jember

berita terkini
Pengamatan hilal atau rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan puasa

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) –Kantor Kementerian Agama Jember, hari selasa besok akan melakukan pemantauan bulan atau rukyatul hilal. Pemantauan dilakukan di dua titik, yakni Gunung Sadeng Kecamatan Puger, dan Pantai Paseban Kecamatan Kencong.

Kepala Bidang Penyelenggara Syariah Kemenag Jember, Muhammad Muslim menyampaikan, pengamatan hilal ini sesuai dengan syariah.

“Penentuan awal bulan ramadhan didasarkan pada hasil rukyatul hilal pada akhir bulan sya'ban. Jika bulan terlihat, maka keseokan harinya dipastikan sebagai awal Ramadan. Jika tidak maka bulan Sya'ban digenapkan menjadi 30 hari,” kata Muslim.

“Rukyatul hilal pada Selasa(15/5) besok dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sejak pukul 4 sore. Untuk di Jember rukyatul hilal dilaksanakan di dua titik, yakni gunung Sadeng dan pantai Paseban,” lanjut Muslim.

Pihak Kemenag Jembe akan melibatkan IAIN Jember, sejumlah pondok pesantren dan serta sejumlah ormas Islam/ seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

 Muslim juga menyampaikan, apapun hasil dari rukyatul hilal ini akan langsung dilaporkan ke Kementerian Agama RI.

“Kami mengimbau kepada umat muslim untuk menunggu keputusan pemerintah terkait penetapan awal bulan Ramadan, “pungkasnya.

 

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Sebulan, Bupati Kutim Resmikan Dua Masjid
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda