UniqMag

Polres Jember Lakukan Pengamanan Ketat Antisipasi Serangan Teroris

berita terkini
Petugas memeriksa barang bawaan setiap orang yang akan masuk ke Mako Polres Jember

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Polres Jember lakukan pengamanan ketat di Makopolres Jember. Pengamanan ketat dilakukan sebagai langkah antisipasi serangan susulan aksi terorisme seperti terjadi pemboman di Mako Polrestabes Surabaya, Senin pagi (14/5).

Petugas akan memeriksa barang bawaan  setiap tamu yang datang ke Polres Jember  dan ditanyai kepentingan apa yang dilakukan ke Polres Jember.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo  mengatakan pihaknya langsung melipat gandakan pengamanan, sebagai langkah antisipasi.

“Pengamanan ketat tersebut tidak hanya dilakukan di mako, namun juga di tempat-tempat keramaian,” ujar Kusworo.

Selain melakukan pengamanan ketat, lanjut Kusworo, guna mempercepat akses informasi sehingga dapat bertindak sigap jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait aksi terorisme. Polres Jember juga membuka layanan informasi dengan berkoordinasi dengan para tokoh agama.

“Kami juga sudah membuka akses sarana komunikasi dengan para tokoh agama, kami juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah, khususnya 3 pilar. Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan kepala daerah, untuk selalu mewaspadai warga baru di lingkungannya,” ujar Kusworo.

Hal tersebut sebagai langkah antisipasi, dan juga deteksi dini terhadap pergerakan dari terduga teroris tersebut. “Sehingga kewajiban tamu wajib lapor (jika berkegiatan, atau berkunjung), selama 24 jam, agar kita bisa mengetahui orang-orang baru di sekitar kita. sehingga bisa kita antisipasi,” tandasnya.

“Kemudian jika dirasa meresahkan, juga bisa disikapi dengan cepat,” sambungnya.

Lebih jauh Kusworo menyampaikan, jika dirasa pada objek-objek vital rawan dan perlu pengamanan tambahan, pihaknya akan bertindak dengan cepat dengan menambah personil untuk menjaga keamanan.

“Penambahan personelnya akan kita sesuaikan dengan jumlah masyarakat, dan jumlah ancaman dengan kriteria kerawanannya. Semakin rawan, kemungkinan terjadi ancaman, akan kita perbanyak (jumlah) personilnya,” tegasnya.

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Polres OKU Selatan Perketat Penjagaan
Berita Selanjutnya Siswa MAN di Bondowoso Bentangkan Merah Putih Sepanjang 1111 Meter.

Komentar Anda