UniqMag

Idham Samawi: Pancasila Penjaga Keutuhan Bangsa

berita terkini
Idham Samawi (atas) dan Jazir ASP (bawah) memaparkan soal Pancasiladalam diskusi kebangsan PWS Yogyakarta

YOGYAKARTA, (suaraindonesi.co.id) - Pancasila sebagai ideologi bangsa telah terbukti mampu menyatukan dan merekatkan keragaman bangsa Indonesia. Sehingga tanpa Pancasila negara ini bisa cerai berai. Namun sayangnya saat ini telah terjadi degradasi di sebagian kalangan anak bangsa sehingga ada anak bangsa yang enggan memahami kebenaraan ajaran Pancasila.

Hal diatas diungkapan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Idham Samawi dalam Diskusi Kebangsaan putaran ke 15 yang digelar Paguyuban Wartawan Sepuh ( PWS ) Yogyakarta di Cafe Cangkir 6, Senin (14/5).

Lebih jauh Idham Samawi mengatakan bangsa Indonesia yang memiliki sekitar 600 suku dan bahasa tetap utuh karena disatukan oleh Pancasila. Di mana Pancasila sebagai ideologi bangsa lahir melalui perjalanan panjang dan berdasarkan sepakatan dalam musyawarah antar elemen dan perwakilan anak bangsa.

"Uni Sovyet yang memiliki kurang dari 300 suku, di mana negara pernah menjadi negara besar akhirnya runtuh. Begitu pula Yugoslavia yang hanya memiliki kurang 100 suku bangsa juga runtuh. Tetapi Indonesia dengan keragamam suku tetap utuh karena ada Pancasila" terangnya.

Sementara itu Tim Ahli Pusat  Studi Pancasila Universitas Gajah Mada ( UGM ) Yogyakarta, Muhammad Jazir ASP menyampaikan sudah saat kita semua kembali ke Pancasila. Anak bangsa, terutama para politisi atau wakil rakyat harus banting setir kembali kepada Pancasila serta UUD 1945.

"UUD 45 dan Pancasila disusun secara sempurna. Dan negara ini didirikan bukan hendak dijadikan negara liberal akan tetapi pengambilan keputusan negara berdasarkan musyawarah mufakat sebagaimana yang diajarkan dalam lima sila Pancasila" tambah takmir masjid Jogokariyan ini.

Jazir juga menjelaskan sekarang banyak politisi yang tidak mengenal dan menjiwa Pancasila. Sehingga tiap kali mengambil keputusan berdasarkan voting bukan berdasar musyawarah mufakat. Oleh karena itu saya berharap ada makhamah ideologi agar Pancasila tetap terjaga.

Sedangkab Romo Aloysuis Budi Purnomo dari Keuskupan Agung Semarang mengatakan sesama anak bangsa yang bisa saling bisa memahami keberagaman sehingga tetap terjalin persatuan dan kesatuan bangsa.

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Polres Jember Lakukan Pengamanan Ketat Antisipasi Serangan Teroris
Berita Selanjutnya Pemkab OKI 'Blacklist' Perusahaan Perencanaan Proyek Rumdin Bupati

Komentar Anda