UniqMag

Banyuwangi Kaya Akan Potensi Ekspor

berita terkini
Bahtiar Pangaribuan, Kasubdit Pengembangan Pasar Luar Negeri Amerika dan Eropa Kemendag RI (kiri) bersama Kepala Disperindag Banyuwangi Ketut Kencana Nirha Saputra.

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id) - Bahtiar Pangaribuan, Kasubdit Pengembangan Pasar Luar Negeri Amerika dan Eropa, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan RI menilai Banyuwangi memiliki peluang besar untuk ekspor ke Amerika dan Eropa. Pasalnya, Banyuwangi memiliki sumber daya alam yang luar biasa.

Apalagi, industri kecil menengah (IKM) maupun industri pabrikan juga tumbuh pesat.
Penilaian positif itu disampaikan Bahtiar di hadapan puluhan pengusaha IKM, eksportir, dan industri pabrikan di hall Resto Daipoeng Dadapan, Banyuwangi, Senin siang (14/5).

Bahtiar menjadi narasumber tunggal dalam  Lokakarya Informasi Peluang Pasar Perdagangan Luar Negeri (Amerika dan Eropa) yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi. 

Dipandu moderator Elly Irwan Suryanto dari Kadin Banyuwangi, Bahtiar mengungkapkan bahwa Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mentargetkan pertumbuhan ekspor mencapai 11 persen atau senilai 187,2 miliar dolar AS.

Sedangkan potensi ekspor Jawa Timur adalah perhiasan, komponen elektronik, dan perikanan. “Batik juga memiliko potensi ekspor ke Eropa dan Amerika dengan rata-rata ekspor dunia mencapai 400 juta dolar AS,” ungkapnya.

Bahtiar menambahkan, Banyuwangi tidak hanya berlimpah produk perikanan seperti udang, ikan laut, dan ikan hias yang bisa diekspor. Tetapi juga berlimpah produk pertanian, seperti rempah-rempah dan buah-buahan. “Kopi Malangsari sudah tembus pasar Swiss,” katanya.

Produk meubel, lanjut Bahtiar, juga sangat diminati di pasar Eropa. “Asalkan memiliki keunikan khusus,” imbuhnya.(Surya Anto)

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Terduga Teroris di Malang Digerebek Polisi
Berita Selanjutnya Pemkab OKI 'Blacklist' Perusahaan Perencanaan Proyek Rumdin Bupati

Komentar Anda